PENALARAN ALJABAR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN BERBANTUAN GEOGEBRA
ALGEBRAIC REASONING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING NUMBER PATTERN PROBLEMS ASSISTED OF GEOGEBRA
Penalaran aljabar merupakan proses berpikir logis pada penarikan kesimpulan melalui tahap mencari pola, mengenali pola, dan menyusun generalisasi. Teknologi, dalam hal ini GeoGebra membantu siswa dalam proses penalaran aljabar siswa dengan bantuan fitur slider dan visualisasi warna.
Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan soal pola bilangan berbantuan GeoGebra. Subjek penelitian terdiri dari lima kategori subjek kelas VII SMP yang belum belajar pola bilangan dengan mempertimbangkan variasi jawaban hasil tes penalaran aljabar siswa dengan dan tanpa bantuan GeoGebra. Analisis data berdasarkan tahapan penalaran aljabar yaitu pattern seeking, pattern recognition, dan generalizing.
Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pattern seeking menggunakan GeoGebra, semua siswa menyebutkan setiap unsur penyusun pola, kemudian merepresentasikan gambar dari pola berikutnya dengan menyebutkan letak posisi warna, dan mengamati hubungan antara dua unsur penyusun pola di GeoGebra untuk menemukan pola berikutnya. Pada tahapan pattern recognition menggunakan GeoGebra, semua siswa melihat keteraturan pada pola yang diketahui di GeoGebra dan mengamati kesamaannya, kemudian melakukan percobaan dari formula yang ditemukan pada pola yang diketahui di GeoGebra pada dua pola selanjutnya, kemudian diidentifikasi pada pola yang diberikan pada soal. Pada tahap generalizing adanya bantuan visualisasi warna dan fitur “slider”, memudahkan siswa melihat unsur-unsur dan menemukan kesamaan setiap pola, hingga menarik suatu kesimpulan dan menemukan rumus umum dari pola.
Saran dalam yang diberikan pada penelitian ini berdasarkan hasil penelitian sebaiknya dikaji pada penelitian selanjutnya apakah ada pengaruh terkait posisi atau banyak warna yang digunakan untuk membantu siswa melakukan generalisasi pola.
Algebraic reasoning is a logical thinking process in drawing conclusions through the stages of pattern seeking, pattern recognition, and forming generalizations. Technology, in this case GeoGebra, helps students in their algebraic reasoning process with the help of slider features and color visualization.
The aim of this qualitative research is to describe junior high school students' algebraic reasoning in solving number pattern problems with the help of GeoGebra. The research subjects consisted of five categories of class VII junior high school subjects who had not yet learned number patterns by considering variations in answers to students' algebraic reasoning test results with and without the help of GeoGebra. Data analysis is based on the stages of algebraic reasoning, namely pattern seeking, pattern recognition, and generalizing.
The research results show that at the pattern seeking stage using GeoGebra, all students mentioned each element that makes up the pattern, then represented the image of the next pattern by stating the position of the colors, and observed the relationship between the two elements that make up the pattern in GeoGebra to find the next pattern. At the pattern recognition stage using GeoGebra, all students see regularities in the patterns known in GeoGebra and observe their similarities, then carry out experiments from the formulas found in the patterns known in GeoGebra in the next two patterns, then identify them in the patterns given in the questions. At the generalizing stage, there is the help of color visualization and the "slider" feature, making it easier for students to see the elements and find similarities in each pattern, to draw a conclusion and find a general formula for the pattern.
The suggestions given in this research based on the research results should be studied in further research whether there is an influence related to the position or number of colors used to help students generalize patterns.