PENGARUH PENERAPAN JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK LANJUT BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
THE EFFECT OF JOBSHEET APPLICATION ON ADVANCE BUILDING PRACTICES SUBJECTS ON STUDENT LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan jobsheet pada mata pelajaran praktik lanjut bangunan terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap jobsheet yang telah diberikan. Desain penelitian yang dimanfaatkan yaitu dengan quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKP tahun ajaran 2023/2024 dengan kelas XI TKP 1 menjadi kelas eksperimen serta untuk kelas XI TKP 2 menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data memanfaatkan lembar penilaian unjuk kerja dan angket respon pengguna yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 21. Pengujian hipotesis diljalankan memanfaatkan uji independent sample t-test dengan didapatkan hasil F = 2,207 dalam nilai sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 maka pada pengujian mampu diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan jobsheet dan kelas kontrol yang tidak menerapkan jobsheet. Perbedaan hasil belajar dilihat dari rata rata untuk kelas eksperimen yakni 85,60 lebih besar dibanding untuk rata rata yang diperoleh kelas kontrol sejumlah 79,97. Respon siswa terhadap penerapan jobsheet menunjukkan 47,6% respon sangat setuju, 49% respon setuju, 2,4% respon tidak setuju dan 1% respon sangat tidak setuju, dengan makna secara umum siswa setuju apabila diadakan jobsheet sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran praktik.
This study aims to determine the effect of implementing jobsheets in advanced building practice subjects on student learning outcomes, as well as to determine students' responses to the jobsheets that have been given. The research design used was a quasi-experimental with a quantitative approach. The sample of this study was class XI TKP students in the 2023/2024 academic year with class XI TKP 1 being the experimental class and class XI TKP 2 being the control class. Data collection techniques utilized performance assessment sheets and user response questionnaires which were then processed using SPSS version 21. Hypothesis testing was carried out using the independent sample t-test with the results obtained F = 2.207 in sig. (2-tailed) 0.000> 0.05, so that the test was able to conclude that there was a difference in student learning outcomes between the experimental class that implemented jobsheets and the control class that did not implement jobsheets. The difference in learning outcomes can be seen from the average for the experimental class, which is 85.60, which is greater than the average obtained by the control class, which is 79.97. Student responses to the implementation of jobsheets showed that 47.6% strongly agreed, 49% agreed, 2.4% disagreed and 1% strongly disagreed, meaning that in general students agreed if jobsheets were used as one of the teaching materials in practical learning.