Abstrak
Siswa SMK cenderung tertarik terhadap mata pelajaran yang bersifat penerapan dan praktikum dibanding dengan mata pelajaran yang dominan dengan konsep analisa dan perhitungan gaya yakni mata pelajaran mekanika teknik. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian dan mempermudah pemahaman siswa maka diperlukan penerapan media pembelajaran yang relevan dan melibatkan siswa secara langsung yakni program SAP2000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (X DPIB 2) dengan kelas kontrol (X DPIB 1) akibat penggunaan program SAP2000 pada materi analisa gaya batang konstruksi rangka batang.
Bentuk penelitian yang digunakan ialah True-Experimental dengan jenis Posttest–Only-Control Design pada kelas eksperimen (X DPIB 2) dan kelas kontrol (X DPIB 1) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali tatap muka yang berisikan 33 siswa pada tiap kelas di SMKN 1 Kemlagi semester genap 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi keterlaksanaan pembelajaran, pengisian angket respon siswa pada tatap muka ketiga atau terakhir, dan tes hasil belajar yang diberikan pada tiap tatap muka.
Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas eksperimen diperoleh persentase kesesuaian rata-rata pada ketiga pertemuan sebesar 94% yang termasuk kategori sangat sesuai terhadap RPP. Hasil pengisian angket respon siswa pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 81% yang termasuk kategori sangat setuju terhadap perlakuan yang diberikan. Sementara itu, rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 79,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 68,3. Berdasarkan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas tersebut diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 14,08%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan SAP2000 pada materi analisa gaya batang pada konstruksi rangka batang memberikan perbedaaan hasil belajar yang lebih baik.
Kata Kunci : SAP2000, Analisa Gaya Batang, Keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, Hasil belajar.
Abstract
Vocational high school students are probably interested in applied and practice subject rather than analysis and calculation subject, that is structural mechanics. Therefore to get attention and help their knowledge, so it needed an implementation of relevant instructional media and directly involve to students that is SAP2000 application. The research used to know implementation learning, student response, and difference of learning result between experimental class (X DPIB 2) and control class (X DPIB 1) which effect of implementation SAP2000 on truss axial force learning.
This research using True-Experimental method with Posttest–Only-Control Design on experimental class (X DPIB 2) and control class (X DPIB 1) which is implemented for three times meeting contains 33 students both of class in SMKN 1 Kemlagi at the second semester in 2018/2019. Data collection technique used are observations of the implementation learning, filling the student response questionnaire and implementation at third or last meeting, and the test at each meeting.
The result of data analysis shows average percentage of implementation learning is 94% that classified in very suitable with RPP. The result of data shows average percentage of filling the student response questionnaire is 81% that classified in very agree with that implementation. Then, the result of data shows the average learning outcome on the experimental class is 79,5. While, the average learning outcome on the control class is 68,3. Based on the data, the average learning outcome has increased by 14,08%. So, implementation of SAP2000 on truss axial force analysis learning has an effect to differentiate the learning outcome into better.
Keyword: SAP2000, Axial Force Analysis, Implementation Learning, Student Response, Learning Outcome.