PEMAHAMAN SISWA SMP TOPIK PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DENGAN PENDEKATAN SPUR
Pemahaman siswa dapat diketahui berdasarkan pada 4 komponen yang dikenal dengan istilah pendekatan SPUR, (1) penguasaan prosedur (skill), (2) kemampuan menggunakan sifat maupun prinsip (properties), (3) kemampuan menggunakan pada konteks masalah (uses), dan (4) kemampuan membuat representasi (representation). Dalam hal ini pendekatan tersebut dapat mempresentasikan unsur-unsur dalam pemahaman matematika. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa pada topik pertidaksamaan linear satu variabel berpandu pada 4 komponen pemahaman tersebut. Teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara berbasis tugas. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VIII, dengan rincian 1 siswa yang memenuhi 4 komponen pemahaman (skill, properties, use, representation), 1 siswa yang memenuhi 3 komponen pemahaman (skill, use, representation), dan 1 siswa yang memenuhi 2 komponen pemahaman (skill, properties). Hasil penelitian menunjukkan, pada komponen skill setiap subjek menguasai prosedur penyelesaian pertidaksamaan, namun ada perbedaan pada cara menyederhanakan, dan ketelitian pada tiap subjek juga berbeda. Pada komponen properties setiap subjek memberikan argumen kebenaran dan kesimpulan dalam menyelesaikan masalah, namun ada perbedaan pada saat mengidentifikasi masalah dengan viii menggunakan sifat-sifat yang bekaitan dengan pertidaksamaan. Pada komponen use setiap subjek mampu menyelesaikan masalah kontekstual terkait pertidaksamaan, namun ada perbedaan pada cara membuat model matematikanya. Pada komponen representation setiap subjek mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan pertidaksamaan, namun ada perbedaan dalam merepresentasikan hasilnya. Kata Kunci: Pemahaman, pertidaksamaan linear satu variabel, dan SPUR.
Students' understanding can be seen based on 4 components known as the SPUR approach, (1) mastery of procedures (skills), (2) the ability to use properties and principles, (3) the ability to use in the context of the problem (uses), and ( 4) the ability to make representations (representation). In this case the approach can present elements in mathematical understanding. This qualitative research aims to describe students' understanding of the topic of the linear inequality of one variable guided by the 4 components of understanding. Techniques in data collection are task-based interviews. The research subjects were 3 students of class VIII, with details of 1 student who fulfilled the 4 components of understanding (skill, properties, use, representation), 1 student who fulfilled the 3 components of understanding (skill, use, representation), and 1 student who met 2 components of understanding. (skill, properties). The results showed that the skill component of each subject mastered the inequality solving procedure, but there were differences in how to simplify, and the accuracy of each subject was also different. In the properties component, each subject provides truth arguments and conclusions in solving problems, but there are differences when x identifying the problem by using properties related to inequalities. In the use component, each subject is able to solve contextual problems related to inequalities, but there are differences in how to make the mathematical model. In the representation component, each subject has the ability to solve the inequality, but there are differences in representing the results. Keywords: Understanding, one variable linear inequality, and SPUR.