IDENTITAS SOSIAL PADA REMAJA PEMAIN MASSIVELY MULTIPLAYER ONLINE ROLE-PLAYING GAME (MMORPG) DI SURABAYA
SOCIAL IDENTITY OF TEENAGERS PLAYING MASSIVELY MULTIPLAYER ROLE-PLAYING GAME (MMORPG) IN SURABAYA
Massive Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG) merupakan suatu lingkungan virtual yang menjadi dunia baru bagi suatu individu. Identitas sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap perspektif, perilaku, dan sikap suatu individu, khususnya bagi remaja 18-22 tahun yang masih mencari jati dirinya. Arti identitas sosial bagi suatu individu masih belum banyak ditelusuri oleh peneliti-peneliti secara mendalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali identitas sosial yang ada pada remaja pemain MMORPG di Surabaya. Penelitian ini mempunya lima subjek dan pengambilan data menggunakan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah intepretative phenomenological analysis (IPA) dengan berdasarkan Teori Identitas Sosial Versi Indonesia. Hasil penelitian menemukan tema-tema yang muncul secara berpola pada subjek, yaitu identifikasi sebagai pemain, terpengaruhnya perilaku, emosi saat bermain, hubungan interpersonal dengan pemain lain, dan reaksi terhadap opini eksternal.
Kata Kunci: Identitas Sosial, Remaja Surabaya, Massive Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG)
Massive Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG) is a virtual environment and is a new world for an individual to explore. Social identity plays a crucial role inan individual’s perspective,behaviour, and attitude, especially for 18-22 years old teenagers who are still finding out where they fit in the world. A deep exploration of what social identity means to an individual is still scarcely explored. Hence, this research aims to unveil the social identity in Surabaya teenagers who plays MMORPG. This research is conducted on five subjects and the data is collected through interviews Interpretative phenomenological analysis (IPA) technique is also used to analyze the subject’s responses and with a base theory from Teori Identitas Sosial Versi Indonesia. This study found emerging themes across all subjects which are that is identification as a player, affected behaviour, emotions while playing, interpersonal connection with other players, and reaction on external opinions.
Keywords: Social Identity, Surabayan Teenagers, Massive Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG)