PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI SMPN 6 NGANJUK
THE EFFECT OF DISCOVERY LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND PASSING LEARNING OUTCOMES IN LEARNING FOOTBALL AT SMPN 6 NGANJUK
Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran aktivitas seluruh siswa dengan dapat mengembangkan metode pembelajaran aktif bagi siswa, menemukan, serta menyelidiki sendiri untuk hasil belajar yang akan bertahan lebih lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar passing dalam pembelajaran sepak bola pada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasy-Eksperiment) dengan menggunakan desain penelitian Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel dari penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling untuk memastikan bahwa subjek memiliki pengetahuan dan kemampuan yang sama. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Nganjuk dengan jumlah populasi 62 siswa, menggunakan kelas VIII-7 sebanyak 31 siswa sebagai subjek kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebanyak 31 siswa sebagai subjek kelas kontrol.
Dalam penelitian ini telah dilakukan uji data terkait dengan uji normalitas dan homogenitas baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan hasil uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov. Terdapat data dengan distribusi normal karena nilai sig > a (0,05), sedangkan pada uji homogenitas didapatkan hasil data yang homogen karena nilai sig > (0,05). Dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas yang memiliki hasil data berdistribusi normal dan homogen, sehingga dapat dilakukan uji t-test (Paired Sample T-Test) untuk mengetahui data tersebut signifikan atau tidak. Hasil dari uji t (Paired Sample T-Test) terdapat perbedaan antara posttest kelas eksperimen dengan posttest kelas kontrol. Pada angket motivasi terdapat nilai tidak signifikan dengan nilai sig sebesar (0,054>0,05), sedangkan terdapat peningkatan pada aspek pengetahuan nilai sig sebesar (0,036<0,05) dengan persentase 32%, serta terdapat peningkatan pada aspek keterampilan passing nilai sig sebesar (0,000<0,05) dengan persentase 63,3%.
Kata Kunci : Discovery learning, Motivasi belajar, Hasil belajar, passing sepak bola
menggunakan kaki bagian dalam.
The discovery learning learning model is an activity learning model for all students by being able to develop active learning methods for students, find, and investigate themselves for learning outcomes that will last longer. The purpose of this study was to determine the effect of the discovery learning model on motivation and learning outcomes of passing in soccer learning for students. In this study, a quantitative approach was used and this type of research was a quasy-experiment using the Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The sample of this study was determined using a purposive sampling technique to ensure that the subjects had the same knowledge and abilities. This research was conducted at SMPN 6 Nganjuk with a population of 62 students, using class VIII-7 as many as 31 students as experimental class subjects and class VIII-6 as many as 31 students as control class subjects.
In this study, data tests related to normality and homogeneity tests were carried out from both the experimental class and the control class with the results of the normality test using Kolmogorov Smirnov. There is data with a normal distribution because the sig value > a (0.05), whereas in the homogeneity test the results are homogeneous because the sig value is > (0.05). From the results of the normality test and homogeneity test which have normal and homogeneous distribution data results, so that a t-test (Paired Sample T-Test) can be carried out to find out whether the data is significant or not. The results of the t-test (Paired Sample T-Test) show that there is a difference between the experimental class posttest and the control class posttest. In the motivational questionnaire there is no significant value with a sig value of (0.054> 0.05), while there is an increase in the knowledge aspect of the sig value of (0.036 <0.05) with a percentage of 32%, and there is an increase in the aspect of passing skills with a sig value of (0.000 <0.05) with a percentage of 63.3%.
Keywoards : Discovery learning, motivation to learn, learning outcomes,
football passing use the inside of the foot.