Faktor yang Memengaruhi Financial Satisfaction Pengguna E-Commerce di Surabaya
Factors Affecting the Financial Satisfaction of E-Commerce Users in Surabaya
Penggunaan internet kini sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. E-commerce adalah penjualan, pembelian, pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik atau internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan sebagai mediator bagi pengguna e-commerce di Surabaya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan menggunakan data primer. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 218 responden dengan kriteria pengguna e-commerce yang termasuk dalam 10 besar e-commerce yang mendominasi pasar online Indonesia, bertempat tinggal di kota Surabaya, dan berusia 18 sampai 35 tahun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner secara online. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Analisis Jalur Model Kompleks dengan menggunakan AMOS versi 23. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa literasi keuangan mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan. Sikap keuangan tidak mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan karena responden tergolong usia yang masih belum sepenuhnya mampu mengelola keuangannya dengan baik. Literasi keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan mempengaruhi kepuasan finansial. Sikap keuangan tidak mempengaruhi kepuasan finansial karena responden tergolong usia yang masih belum berpenghasilan atau tingkat penghasilannya tidak terlalu tinggi. Perilaku manajemen keuangan memediasi literasi keuangan untuk kepuasan finansial. Perilaku pengelolaan keuangan tidak memediasi sikap keuangan terhadap kepuasan keuangan.
The use of the internet has now become a necessity in everyday life. E-commerce is the sale, purchase, marketing of goods or services through electronic systems or the internet. This study aims to determine the effect of financial literacy and financial attitude on financial management behavior as a mediator for e-commerce users in Surabaya. The type of data used in this study is quantitative data and uses primary data. The number of samples used was 218 respondents with criteria for e-commerce users who were included in the top 10 e-commerce that dominated the Indonesian online market, residing in the city of Surabaya, and aged 18 to 35 years. The data collection instrument used in this study was the distribution of questionnaires online. The data analysis technique in this research is to use the Path Analysis technique of the Complex Model using AMOS version 23. The results of this study are that financial literacy influences financial management behavior. Financial attitude does not affect financial management behavior because respondents are classified as an age that is still not fully able to manage their finances very well. Financial literacy and financial management behavior affect financial satisfaction. Financial attitude does not affect financial satisfaction because respondents are classified as an age that still does not have their income or their income level is not too high. Financial management behavior mediates financial literacy for financial satisfaction. Financial management behavior does not mediate financial attitude towards financial satisfaction.