PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF LIVEWORKSHEET-BASED E-LKPD TO IMPROVE SOCIAL STUDIES LEARNING OUTCOMES MATERIAL EVENTS AROUND THE PROCLAMATION OF INDEPENDENCE GRADE V ELEMENTARY SCHOOL
N.F., Ikhlashul Amalia. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd. dan (2) Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, MA.
Kata Kunci: E-LKPD, Liveworksheet, Hasil Belajar IPS
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa salah satu faktornya karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memberikan visualiasi untuk pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan kelas V sekolah dasar yang dinilai dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Al-Huda. Subjek terdiri dari 41 siswa, dengan pembagian 6 siswa pada uji coba kelompok kecil, 20 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Rancangan uji coba produk E-LKPD menggunakan desain eksperimen (Quasi-Experiment) Noneuivalent Control Group Design dengan membandingkan dua kelompok kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, angket/kuesioner, soal tes dan dokumentasi. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan produk E memperoleh penilaian dari validator ahli materi sebesar 91% dan validator ahli media sebesar 90% masing-masing memperoleh kategori sangat valid. (2) Kepraktisan produk dinilai berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh 95% dengan kategori sangat praktis dan uji coba lapangan kelas eksperimen memperoleh 92% dengan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan produk ditinjau dari hasil pre-test dan post-test. Pada uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,62 yang berarti terdapat peningkatan dengan kategori sedang. Pada uji coba lapangan, kelas kontrol mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,07 yang berarti terdapat peningkatan dengan kategori rendah. Sedangkan kelas eksperimen mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,71 yang berarti terdapat peningkatan dengan kategori tinggi. Pengaruh produk E-LKPD terhadap peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis post-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perubahan yang signifikan. Dapat disimpulkan, ada pengaruh penggunaan media E-LKPD berbasis liveworksheet terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD pada kelas eksperimen.
N.F., Ikhlashul Amalia. 2022. Development of Liveworksheet-Based E-LKPD to Improve Social Studies Learning Outcomes Material Events Around the Proclamation of Independence Grade V Elementary School. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor: (1) Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd. dan (2) Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, MA.
Keywords: E-LKPD, Liveworksheet, Social Studies Learning Outcomes.
The background in this research is the low social studies learning outcomes of students, one of the factors is the lack of learning media that can provide visualization for history learning. This study aims to produce a liveworksheet-based E-LKPD product to improve social studies learning outcomes material events around the proclamation of independence for fifth grade elementary school which are assessed in terms of validity, practicality, and effectiveness. This study uses the type of research R&D (Research and Development) with the ADDIE development model. The subjects of this study were fifth grade students of SDI Al-Huda. The subjects consisted of 41 students, with the division of 6 students in the small group trial, 20 students in the experimental class and 21 students in the control class. The trial design of the E-LKPD product uses an experimental design (Quasi-Experiment) Noneuivalent Control Group Design by comparing two class groups, namely the experimental class and the control class. Data collection techniques consisted of interviews, observations, questionnaires/questionnaires, test questions and documentation. The types of data obtained in this development research are quantitative and qualitative.
Based on the results of the study, it shows that: (1) The validity of the product E obtained an assessment from the material expert validator by 91% and the media expert validator by 90% each obtained a very valid category. (2) The practicality of the product is assessed based on the results of the student response questionnaire in the small group trial obtaining 95% in the very practical category and the experimental class field trial obtaining 92% in the very practical category. (3) The effectiveness of the product in terms of the results of the pre-test and post-test. In the small group trial, the average N-Gain score was 0.62, which means there was an increase in the medium category. In the field trial, the control class got an average N-Gain score of 0.07, which means there is an increase in the low category. While the experimental class got an average N-Gain score of 0.71 which means there is an increase in the high category. The effect of the E-LKPD product on improving student learning outcomes can be done through the independent sample t-test. The results of the post-test hypothesis test are known to be the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05 so there is a significant change. It can be concluded, there is an effect of using live worksheet-based E-LKPD media on improving social studies learning outcomes for fifth grade elementary school students in the experimental class.