CITY BRANDING SAIL TO INDONESIA 2019 DI PULAU BAWEAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
CITY BRANDING OF SAIL TO INDONESIA 2019 IN BAWEAN ISLAND AS AN EFFORT TO INCREASE TOURIST VISITS
Sail to Indonesia 2019 di Pulau Bawean adalah program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan penyelenggara yact rally organizer dari Selandia Baru. Sail to Indonesia memiliki tujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata, khususnya wisata bahari di daerah yang merupakan jalur dan pusat Berlayar ke Indonesia. Sail to Indonesia 2019, Yachters berlayar di 10 tempat di Indonesia selama tiga bulan, salah satunya di Pulau Bawean dan Pulau Bawean menjadi satu-satunya tempat di Jawa Timur yang dikunjungi oleh Yachters. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan menentukan pembentukan citra Sail to Indonesia 2019 di Pulau Bawean sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik dalam membentuk image Pulau Bawean dalam Sail to Indonesia 2019 di Pulau Bawean sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu dengan membentuk unsur citra positif dengan jenis wish image dan current image. Citra yang dibentuk yaitu Pulau Bawean sebagai wisata ramah, Pulau Bawean sebagai paket wisata lengkap dan Pulau Bawean sebagai tempat yang kaya akan seni dan budaya sebagai hasil dari akulturasi budaya suku yang ada di Indonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dinas Pariwisata dam Kebudayaan Kabupaten Gresik dalam membentuk citra Pulau Bawean tidak hanya menerapkan teori keunikan acara menurut Getz seperti hospitality, symbolism, authenticity, theming, dan festive spirit, namun juga ada unsur convinience atau kenyamanan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik melakukan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menggunakan wish image untuk memaksimalkan harapan Pulau Bawean sehingga dapat memberikan layanan terbaik selama kegiatan. Selain itu, melalui current image wisatawan akan menceritakan semua pengalaman dan kenangan terbaik mereka saat berada di Pulau Bawean dengan word of mouth marketing.
Sail to Indonesia 2019 in Bawean Island is a program implemented by the Indonesian Ministry of Tourism in collaboration with yacht rally organizer from New Zealand. Sail to Indonesia has the purpose to develop tourism sector, especially maritime tourism in the area that is the path and center of Sail to Indonesia. Sail to Indonesia 2019, Yachters sailed in 10 places in Indonesia for three months, one of that in Bawean Island and Bawean Island became the only place in East Java which was visited by the Yachters. This research uses descriptive qualitative method that aims to analyze and determine the formation of the Sail to Indonesia 2019 image on Bawean Island as an effort to increase tourist visits. The results of this study concluded that the Department of Tourism and Culture of Gresik in forming the image of Bawean Island not only applied the theory of uniqueness of events according to Getz such as hospitality, symbolism, authenticity, theming, and festive spirit, but also there is an element of convenience. Department of Tourism and Culture of Gresik did efforts to increasing tourist visits are by using wish images to maximize expectations of Bawean Island so as to provide the best service during activities. In addition, through the current image tourists will tell all their best experiences and memories while on Bawean Island with word of mouth marketing.