Analisis Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 dan SMAN 2 Blitar
Adanya pro dan kontra pasca penerapan kebijakan PPDB sistem zonasi, ditambah revisi kebijakan PPDB sistem zonasi pada setiap tahunnya. Mendorong penelitian Implementasi Kebijakan Permendikbud No. 44 Tahun 2019 dengan mendiskripsikan dan menganalisis: 1) Implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi; 2) Kondisi pasca implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi di SMAN 1 dan SMAN 2 Blitar.
Pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan dan menganalisis gejala-gejala yang muncul saat implementasi dan kondisi pasca implementasi kebijakan. Teknik penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber informan berikut: 1) Staff Cabang Dinas Pendidikan Kota/ Kab. Blitar; 2) Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Blitar; 3) Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Blitar. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian, melaksanakan pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Dalam penelitian implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi, berdasarkan aspek lingkungan internal kebijakan sebagai berikut: 1) Perbaikan/ revisi serta transmisi standar dan tujuan kebijakan; 2) Optimalisasi sumber daya manusia dan fasilitas; 3) Sosialisasi, koordinasi dan komunikasi jelas dan konsisten; 4) Juknis/ juklak sebagai SOP untuk mengatur tupoksi dan pola hubungan pelaksana; 5) Para pelaksana yang berkomitmen. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan aspek eksternal lingkungan kebijakan sebagai berikut:1) Perbedaan besaran anggaran dana berpengaruh pada sarpras layanan pendidikan; 2) Komitmen penyedia layanan pendidikan memadai dan adil antara kota dan kabupaten; 3) Perbedaan layanan yang berujung pada protes dan praktik kecurangan. Kemudian, perubahan kondisi pasca implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi didapatkan hasil berikut: 1) Kondisi peserta didik yang heterogen di SMAN 1 memunculkan disparitas pembelajaran; 2) Kondisi peserta didik yang heterogen di SMAN 2 Blitar memunculkan pemerataan kualitas peserta didik. Adapun saran terhadap kebijakan adalah menyiapakan SDM, sarana dan prasarana dan menyusun program sekolah agar proses pembelajaran efektif dan efisien.
Kata Kunci: Analisis, Implementasi Kebijakan, Sistem Zonasi.
There is a controversy after applying zoning system and revising PPDB policy of zoning system every year. It encourages research Implementation of Permendikbud Number 44 in 2019 by describing and analyzing: 1) The implementation of zoning system in PPDB policy; 2) The condition after implementing zoning system in PPDB policy in SMAN 1 dan SMAN 2 Blitar.
A qualitative approach by describing and analyzing the symtoms that appear when the implementation occurs at school and the the school condition after research. The researche teghnique uses interview method, observation and documentation which are received from: 1) The staff of Cabang Dinas Pendidikan Kota/ Kab. Blitar; 2) The vice principle of SMAN 1 Blitar; and 3) The vice principle SMAN 2 Blitar. The data analysis uses data reduction, data presentation dan verification of data. Then, verifiying the data based on its credibility, transferability, dependability and corfirmablity.
In the research of implementing PPDB policy based on these internal aspects of policy: 1) Revision and default transmission of the policy and policy goals; 2) Optimizing human resources and facilities; 3) Socialization, coordination and communication are clear and consistent; 4) job description as SOP of the doers and their coordination; 5) Committed doers. And the result the research based on external aspect shows: (1) The difference of budget amount that affects the development of education service; 2) The providers commitment of education service is aadequate and fair; 3) Service differences that lead to protest and deception. Then, the result after implementing PPDB policy in zoning system shows that : 1) The Heterogeneous students in SMAN 1 raise the learning disparity and (2) The heterogeneous students in SMAN 2 Blitar raise equal quality of students’ intelligence. Therefore, it is suggested to the implementation of PPDB poolicy in zoning system to prepare human sources, infrastructure and arrange school programs to make an effective and efficient learning process.
Key Words: Analysis, Implementation Policy, Zoning System.