MANAJEMEN DALAM AKREDITASI DI SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SKB KOTA MALANG
MANAGEMENT IN ACCREDITATION IN THE NON FORMAL EDUCATION UNIT OF SKB MALANG CITY
Manajemen merupakan tindakan atau perilaku yang diadakan atau dilakukan untuk mengatur dan mengelola orang lain. Adapun fungsi-fungsi dari manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Perencanaan adalah fungsi manajemen yang secara sistematik membuat keputusan-keputusan mengenai tujuan-tujuan dan aktivitas yang akan dilaksanakan oleh seseorang, suatu kelompok, unit kerja atau keseluruhan organiasi. Pengorganisasian adalah fungsi dimana sinkronisasi dan kombinasi sumber daya manusia ,sumber daya fisik dan sumber daya modal atau keuangan digabungkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan dari organisasi atau kelompok. Pengorganisasian membantu dalam pencapaian dari tujuan organisasi atau kelompok. Penggerakan dapat diartikan sebagai usaha manajer selaku pemimpin manajemen untuk menggerakan orang yang ia pimpin dengan memunculkan dorongan dalam dirinya untuk melaksanakan tanggung jawab dan mengikuti kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam rangka untuk mencapai target yang sudah diinginkan sebelumnya. Pengawasan adalah tahap penentuan standar yang akan diraih, mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana dan pengambilan keputusan yang ditujukan sebagai tindakan untuk merevisi kekurangan yang ada. Akreditasi adalah kegiatan untuk menentukan dan menilai kelayakan program dan satuan pendidikan dari setiap jenjang dan jenis pendidikan (formal atau nonformal). Akreditasi dijadikan sebagai alat bagi sekolah atau lembaga dalam mengkoreksi diri, memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan kualitas layanan serta kualitas lembaga, memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada untuk perbaikan di masa mendatang. Manajemen dalam akreditasi pada lembaga satuan pendidikan non fromal diperlukan untuk menyusun rencana, pendelegasian wewenang, pemberlakuan tugas dan beban kerja sesuai dengan wewenang jabatan serta pengawasan kinerja anggota. Dengan adanya manejemen ini, akreditasi yang baik bisa diperoleh karena mengingat memperolah akreditasi ‘A’ untuk lembaga pendidikan itu bukanlah hal yang mudah. Untuk status akreditasi sendiri, SKB Kota Malang sudah mendapatkan predikat ‘A’ pada tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa penerapan fungsi perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan manajemen dalam akreditasi di satuan pendidikan non formal SKB Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, display data serta verifikasi data dan kesimpulan. Kriteria keabsahan data dalam penelitian ini adalah kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Lokasi penelitian terletak di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Malang di Jl. Laksda Adi Sucipto Gg Makam No. 30 Kalisari Malang Telp. 0341- 405049.
Temuan dari penelitian ini adalah manajemen di lembaga satuan pendidikan non formal SKB berjalan dengan baik dan terstruktur sehingga bisa mencipatakan lingkungan kerja efisien, efektif dan dinamis yang berdampak pada hasil kerja lembaga yang baik. Penerapan fungsi perencanaan terdapat pada pembuatan RKT dan RENSTRA yang berisi tentang rencana program kerja untuk kurun waktu tahunan dan 5 tahunan. Penerapan fungsi pengorganisasian dan penggerakan terdapat pada rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh anggota lembaga untuk mendapat sosialiasasi mengenai delegasi tugas, wewenang dan jabatan terkait dengan program kerja yang sudah disusun. Fungsi pengawasan terdapat pada pelaksanaan rapat evaluasi yang dilakukan setiap minggu, 3 bulan dan pada akhir tahun.
Management is an action or behavior carried out or carried out to regulate and manage others. The functions of management are planning, organizing, mobilizing and controlling. Planning is a management function that systematically makes decisions about the goals and activities to be carried out by a person, a group, work unit or the whole organization. Organizing is a function where synchronization and combination of human resources, physical resources and capital or financial resources are combined into one, to achieve the goals of the organization or group. Organizing helps in achieving the goals of the organization or group. Mobilization can be interpreted as an effort by the manager as the leader of management to move the people he leads by generating impulses within himself to carry out responsibilities and follow activities according to plans that have been prepared in order to achieve the targets that were previously desired. Supervision is the stage of determining the standard to be achieved, evaluating the results of the implementation of the plan and decision making intended as an action to revise the existing deficiencies. Accreditation is an activity to determine and assess the appropriateness of education programs and units at each level and type of education (formal or non-formal). Accreditation is used as a tool for schools or institutions in self-correction, utilizing existing strengths to improve the quality of services and the quality of institutions, correcting existing weaknesses and weaknesses for future improvement. Management in accreditation at non-formal education unit institutions is needed to plan, delegate authority, enforce duties and workloads in accordance with the authority of the position and oversee the performance of members. With this management, good accreditation can be obtained because keeping in mind obtaining the 'A' accreditation for educational institutions is not easy. As for the accreditation status itself, Malang City SKB was awarded the 'A' title in 2018. The purpose of this study was to find out and analyze the application of the planning, mobilization, organizing and supervision management functions in accreditation in the Malang City SKB non-formal education unit.
This research uses qualitative research with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques used in this study were in-depth interviews and documentation. Data analysis methods used in this study are data condensation, data display and data verification and conclusions. The criteria for the validity of the data in this study are credibility, dependability, confirmability and transferability. The research location is located in Malang City SKB Non Formal Education Unit on Jl. Laksda Adi Sucipto Gg Kuburan No. 30 Kalisari Malang Tel. 0341-405049.
The findings of this study are that the management of the SKB non-formal educational unit runs well and is structured so that it can create an efficient, effective and dynamic work environment that impacts on the work of good institutions. The application of the planning function is found in the preparation of RKT and RENSTRA which contains plans for work programs for annual and 5 year periods. The implementation of the organizing and mobilizing functions is found in the coordination meeting attended by all members of the institution to get socialization about the delegation of tasks, authority and positions related to the work program that has been prepared. The supervision function is in the evaluation meeting which is held every week, 3 months and at the end of the year.