PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR SEMUA MATA PELAJARAN PESERTA
DIDIK PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DI SKB NEGERI SURABAYA
ABSTRAK
Oleh :
Anjeli Mifta Elok
NIM 19010034034
Pendidikan Non Formal adalah sebuah disiplin ilmu yang
mempelajari secara teratur interaksi sosial dan budaya antara
individu yang sedang belajar sebagai objek dengan sumber belajar,
dengan tujuan mencapai hasil yang diharapkan dalam
pendidikan. Pendidikan ini memberikan penekanan pada
pengembangan kemandirian dalam konteks pembelajaran
sepanjang kehidupan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
Pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar semua
mata pelajaran peserta didik program Pendidikan mesetaraan
paket C di SKBN Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian
pendekatan kuantitatif, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa
Kelas X SKB Negeri Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 30 siswa.
Penelitian ini diambil dengan Teknik pengumpulan data
menggunakan angket yang disebarkan kepada responden di
sanggar kegiatan belajar (SKB) Surabaya dan penelitian dengan
jumlah study populasi sebanyak 30 siswa dan dokumentasi,
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda untuk
menjawab pertanyaan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: minat dan motivasi
sangat berpengaruh sekali untuk hasil belajar dapat ditunujukan
dengan variabel minat (X1) dan motivasi belajar (X2) sama dengan
nol atau konstan, maka variabel hasil belajar (Y) sebesar 1066,283.
Koefisien regresi ( 1 b ) = 1,860 menyatakan arah hubungan yang
positif antara variabel hasil belajar (Y) dengan variabel minat (X1),
vi
dimana setiap terjadi kenaikan satu unit skor minat maka akan
diikuti dengan meningkatnya hasil belajar sebesar 1,860. Koefisien
regresi ( 2 b ) = 3,345 menyatakan arah hubungan yang positif
antara variabel hasil belajar (Y) dengan variabel motivasi belajar
(X2), dimana setiap terjadi kenaikan satu unit skor motivasi belajar
maka akan diikuti dengan meningkatnya hasil belajar sebesar
3,345. Dedngan nilai konstanta (a) = 1066,28
Kata kunci: minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN
MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SELURUHNYA
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN SAMA PAKET C
MAHASISWA PROGRAM SKB NEGERI SURABAYA
Pendidikan Non Formal merupakan suatu disiplin ilmu yang
individu yang sedang belajar sebagai objek dan sumber belajar,
dengan tujuan mencapai hasil yang diharapkan dalam pendidikan. Ini
pendidikan menekankan pada pengembangan kemandirian dalam
konteks pembelajaran seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap pembelajaran
hasil seluruh mata pelajaran program pendidikan setara paket C
di SKBN Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif
riset. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X
SKB Negeri Surabaya tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 30
siswa.
Penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden di
Studio Kegiatan Pembelajaran (SKB) Surabaya dan Penelitian dengan a
populasi penelitian sebanyak 30 siswa dan dokumentasi. Data
Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda untuk menjawab pertanyaan tersebut
pertanyaan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: minat dan motivasi bersifat
sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, yang dapat ditunjukkan dengan
variabel minat (X1) dan motivasi belajar (X2) sama dengan
nol atau konstan maka variabel hasil belajar (Y) sebesar 1066,283.
Koefisien regresi (1 b) = 1,860 menyatakan arah a
hubungan positif antara variabel hasil belajar (Y)
dan variabel minat ( Koefisien regresi ( 2 b ) = 3,345
viii
menyatakan arah hubungan positif antar pembelajaran
variabel hasil (Y) dan variabel motivasi belajar (X2),
dimana setiap kali terjadi peningkatan satu satuan dalam pembelajaran
skor motivasi maka akan diikuti dengan peningkatan belajar
hasil sebesar 3,345. Dengan nilai konstanta (a) = 1066,28
Kata kunci: minat belajar, motivasi belajar, belajar
hasil