Pengaruh Keterampilan Membaca dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi pada Siswa Kelas V SD Inti 1 Kecamatan Kabola
The Effect of Reading Skills and Language Attitudes on the Ability to Appreciate Poetry in Fifth Grade Students of SD Inti 1, Kabola District.
ABSTRAK
Wabang, Yermia. 2022. Pengaruh Keterampilan Membaca dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi pada Siswa Kelas V SD Inti 1 Kecamatan Kabola. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Hendratno, M.Hum. dan Pembimbing (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd
Masalah yang muncul dalam penelitian adalah rendahnya kegemaran siswa terhadap pembelajaran karya sastra apresiasi puisi di tingkat Sekolah dasar SD Inti 1 kecamatan Kabola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca dan sikap bahasa terhadap kemampuan apresiasi puisi pada siswa kelas V SD Inti 1 kecamatan Kabola.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. penenlitian ini terdapat variabel bebas yaitu pengaruh keterampilan membaca dilambangkan dengan X1, sikap bahasa dilambangkan dengan X2 dan variabel terikat yaitu kemampuan apresiasi puisi dilambangkan dengan Y. Namun dalam penentuan variabel ini, peneliti merasa masih terdapat kesenjangan antar variabel untuk menyertakan variabel intervening (Int) sebagai penghubung variabel X dan variabel Y. Penelitian terhadap 51 siswa diperoleh untuk tes ketrampilan membaca dengan mean 73,4706 Standar deviasi 12,01058 dan thitung untuk x1 adalah 43,685. untuk sikap bahasa, mean 22,4314 Standar deviasi 4,58369 dan thitung untuk x2 adalah 34,948, dan kemampuan mengapresiasi puisi (Y) dengan mean 27,7843 Standar deviasi 30,89292 dan thitung untuk Y adalah 6,423.
Dari hasil pengolahannya dinyatakan bahwa thitung ttabel. Adanya pengaruh keterampilan membaca terhadap kemampuan mengmengapresiasi puisi pada siswa kelas V Adanya pengaruh sikap bahasa terhadap kemampuan mengmengapresiasi puisi pada siswa kelas V Adanya pengaruh keterampilan membaca dan sikap bahasa terhadap kemampuan mengmengapresiasi puisi pada siswa kelas V peneliti menolak H0 dan terima H1. adanya pengaruh yang antara ketrampilan membaca dan sikap bahasa terhadap kemampuan apresiasi puisi kelas V
Kata Kunci: Keterampilan membaca; sikap bahasa; apresiasi puisi
ABSTRACT
Wabang, Yermia. 2022. The Effect of Reading Skills and Language Attitudes on the Ability to Appreciate Poetry in Fifth Grade Students of SD Inti 1, Kabola District. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor (I) Dr. Hendratno, M. Hum. and Advisor (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd
The problem that arises in the study is the low interest of students in learning poetry appreciation literary works at the elementary school level at SD Inti 1, Kabola sub-district. This study aims to determine the effect of reading skills and language attitudes on the ability to appreciate poetry in fifth grade students of SD Inti 1, Kabola sub-district.
In this study using a quantitative approach to the type of experimental research. In this study, there are independent variables, namely the influence of reading skills denoted by X1, language attitudes are symbolized by X2 and the dependent variable is the ability to appreciate poetry which is denoted by Y. However, in determining this variable, the researcher feels that there is still a gap between variables to include the intervening variable (Int) as connecting variable X and variable Y. Research on 51 students obtained for reading skills test with a mean of 73.4706 Standard deviation of 12.01058 and tcount for x1 is 43,685. For language attitude, the mean is 22.4314. Standard deviation is 4.58369 and tcount for x2 is 34.948, and the ability to appreciate poetry (Y) with a mean of 27.7843. Standard deviation is 30.89292 and tcount for Y is 6.423.
From the processing results it is stated that the count table. The influence of reading skills on the ability to appreciate poetry in fifth grade students. The influence of language attitudes on the ability to appreciate poetry in fifth grade students. There is an influence of reading skills and language attitudes on the ability to appreciate poetry in fifth grade students. there is an influence between reading skills and language attitudes on the ability to appreciate poetry in grade V.
Keywords: Reading skills; language attitude; poetry appreciation