PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN TROSOBO II
THE EFFECT OF TIK TOK SOCIAL MEDIA UTILIZATION ON THE SPEAKING SKILLS OF GRADE IV IN TROSOBO II ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial tik tok dalam pembelajaran dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial tik tok terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Trosobo II pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi covid-19. Metode penelitian mengunakan pre experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji T-Test. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, serta tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Trosobo II yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian Uji T diperoleh thitung > ttabel (3,107 > 2,306), menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media sosial tik tok terhadap keterampilan berbicara.
Kata Kunci: media sosial tik tok, keterampilan berbicara.
The purpose of this study is to determine the use of tik tok social media in learning and determine whether there is an influence of tik tok social media utilization on the speaking skills of the fourth grade students of Trosobo II State Elementary School in second semester of the 2020/2021 school year during the covid-19 pandemic. The research method used pre experimental design with one group pre-test post-test design. The data analysis technique used in this study is the T-Test. Data collection techniques in the form of documentation, questionnaires, and tests. The samples used in this study were the fourth grade students of Trosobo II State Elementary School which numbered 10 students. The results of the T-Test study obtained by tcount > ttable (3,107 > 2,306), showed the influence of tik tok's use of social media on speaking skills.
Keywords: Social media tik tok, speaking skills