The Impact of Digital Literacy and Independent Learning on Economic Learning Outcomes
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam hasil belajar ekonomi berupa nilai ulangan harian, dimana masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar ekonomi dan menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan XI IPS SMA Negeri 1 Kelua sebanyak 97 siswa dengan penentuan sampling menggunakan sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data untuk variabel literasi digital dan kemandirian belajar menggunakan kuesioner, sedangkan variabel hasil belajar ekonomi menggunakan dokumentasi berupa nilai ulangan harian. Instrumen penelitian akan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas sebelum di sebar kepada sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Analisis data meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji t.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara literasi digital terhadap hasil belajar ekonomi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,026 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh tidak signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,391 > 0,05.
This research is motivated by the existence of problems in economic learning outcomes in the form of daily test scores, where there are still many students who have not reached the specified KKM value.The purpose of this research is to look at the impact of digital literacy on economic learning outcomes and the impact of learning independence on economic learning outcomes. The population in this study consisted of 97 students from class X IPS and XI IPS SMA Negeri 1 Kelua, with sampling selected by saturated sampling.
A questionnaire is used to collect data for the digital literacy and independent learning variables, while daily test scores are used for the economic learning outcomes variable. Before being given to the research sample, the research instrument will be tested for validity and reliability. The data were analyzed using quantitative analysis techniques, namely multiple regression analysis with the help of SPSS software. Data analysis includes normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and t test.
The results of this study are: (1) There is a significant influence between digital literacy on economic learning outcomes as evidenced by the value of Sig. 0.026 < 0.05. (2) There is no significant effect between learning independence on economic learning outcomes as evidenced by the value of Sig. 0.391 > 0.05.