Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pengetahuan dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran disekolah berbagai jenjang. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 5 Surabaya masih terpusatnya guru untuk melaksanakan suatu pembelajaran sehingga terjadi kejenuhan serta kurang optimalnya pemahaman siswa pada materi pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar konstruksi bangunan kelas X KGSP I masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konstruksi bangunan, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Metode penelitaian ini, mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian berbentuk siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar pengamatan mengajar guru dan lembar pengamatan belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru memperoleh nilai 77,60% aktivitas belajar siswa memperoleh nilai 76,56% dan hasil belajar siswa yang tuntas memperoleh nilai 45,71%, pada siklus II aktivitas mengajar guru memperoleh nilai 89,58% aktivitas belajar siswa memperoleh nilai 89,06% dan hasil belajar siswa yang tuntas memperoleh nilai 82,86%. Dengan demikian hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan dan diterapkan untuk menigkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Ketuntasan hasil belajar, kooperatif tipe jigsaw.
Cooperative learning model is one of the knowledge in carrying out a learning process at various levels of school. Based on the results of observations at SMK Negeri 5 Surabaya the teacher is still centralized to carry out a learning so there is saturation and lack of optimal understanding of students in learning material that influences the learning outcomes of builind construction class X KGSP I is still under KKM. This study aims to improve the learning outcomes of building construction, by applying the jigsaw cooperative learning model.
This research method using the Class Action Reasearch method, the procedure is in the form of a cycle and each cycle consisting of four stages; planning, action, observation, and reflection. Techniques for collecting data through observation and test. The instruments used for data collection are teacher teahing observation sheets and student learning observation sheets.
The results of this reaserch indicate that in the I cycle the teaching activity of teache scored 77,60% the learning activities of student 76,56% and the learning outcomes of student who completed scored 45,71%, in the II cycle teaching activity of teacher scored 89,58% student learning activities scored 89,06% and the learning outcomes of student who completed scored 82,86%. Therefore it can be conclude that the jigsaw cooperative learning model can be used and applied to improve student learning outcomes.
Keywords: Completeness of learning outcomes, jigsaw cooperative type.