Hubungan antara Waktu Membaca di XReading dan Pemahaman Membaca & Sikap Mahasiswa Terhadap XReading
The Correlation Between XReading Time Spent and Reading Comprehension & EFL College Students' Attitudes Towards XReading
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara waktu membaca dalam XReading dan pemahaman membaca akademik siswa dan mengetahui sikap siswa terhadap XReading. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam menjawab rumusan masalah. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa Bahasa Inggris sebagai bahasa asing tahun pertama yang mengikuti program membaca ekstensif (ER) dengan XReading sebagai platform yang digunakan. Data dikumpulkan dari catatan waktu yang dihabiskan oleh siswa di XReading dan skor mereka pada tes pemahaman membaca. Tes ini diadaptasi dari Tes Pemahaman Membaca yang dirancang untuk pembaca tingkat lanjut. Data dianalisis menggunakan Pearson Correlation dan Linear Regression untuk menentukan bagaimana XReading berkontribusi pada pemahaman membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu membaca di XReading berkontribusi pada pemahaman membaca sekitar 10%, namun tidak ada korelasi yang signifikan antara kedua variabel. Selain itu, kuesioner dan wawancara Skala Likert dianalisis menggunakan desain kualitatif deskriptif untuk menentukan sikap siswa terhadap XReading. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap XReading. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa praktik ER menggunakan XReading dapat dilaksanakan dengan menyediakan dan mendorong mahasiswa untuk membaca lebih banyak materi bacaan akademik untuk mengembangkan pemahaman akademik.
Kata kunci: bacaan ekstensif, pemahaman membaca, sikap siswa, XReading
This study aimed to identify the correlation between reading time in XReading and students’ academic reading comprehension and find out students’ attitudes toward XReading. A quantitative and qualitative approach were used to answer the problems. The participants of this study were first-year EFL college students who take part in extensive reading (ER) program with XReading as the assigned platform. The data were collected from the recorded time spent by students in XReading and their scores on a reading comprehension test. The test was adapted from a Reading Comprehension Test designed for advanced readers. The data were analyzed using Pearson Correlation and Linear Regression to determine how XReading contributes to reading comprehension. The results showed that reading time in XReading contributed to reading comprehension by about 10%, yet there was no significant correlation between the two variables. In addition, Likert Scale questionnaires and interviews were analyzed using a descriptive qualitative design to determine the students’ attitudes toward XReading. The results found that students have positive attitudes to XReading. Therefore, it could be concluded that ER practices using XReading can be implemented by providing and encouraging students to read more academic reading materials to develop academic comprehension.
Keywords: extensive reading, reading comprehension, students’ attitudes, XReading