EVALUASI KURIKULUM PEMBINAAN OLAHRAGA HOKI DI SMAN 1 MENGANTI GRESIK
EVALUATION OF HOCKEY DEVELOPMENT CURRICULUM AT SMAN 1 MENGANTI GRESIK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi kurikulum pembinaan olahraga Hoki di SMAN 1 Menganti Gresik yang diteliti menggunakan evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah atlet dan pelatih hoki SMAN 1 Menganti Gresik. Teknik pengumpulan data dengan metode kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Pelaksanaan pembinaan olahraga Hoki di SMAN 1 Menganti Gresik telah sesuai dengan kurikulum, meskipun hanya terlaksana beberapa dikarenakan kurangnya dana. 2) Selain itu, dari segi sarana dan prasarana, SMAN 1 Menganti Gresik telah masih dalam kategori baik dikarenakan semua sarana dan prasaranya telah terpenuhi, 3) Program latihan sudah tersusun dengan baik dan sesuai dengan program latihan yang telah dibuat oleh pelatih. Aspek dukungan dari pemerintah juga dalam kategori baik karena sejak tahun 2015 telah mendapat dukungan, 4) Pencapaian Hasil prestasi dalam pembinaan hoki SMAN 1 Menganti Gresik mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dari medali emas yang diraih atlet putra dan putri pada kejuaraan provinsi (PORPROV) dalam kurun waktu 2015-2019.
This study aims to find out about how the implementation of the Hockey sports coaching curriculum at SMAN 1 Menganti Gresik was studied using a Context, Input, Process, and Product (CIPP) evaluation using qualitative descriptive approach. Research informants are athletes and hockey coaches at SMAN 1 Menganti Gresik. Data collection techniques using questionnaires, interviews, and documentation methods. The results of the study are as follows: 1) The implementation of hockey sports coaching at SMAN 1 Menganti Gresik has been in accordance with the curriculum, although only a few have been implemented due to lack of funds. 2) In addition, in terms of facilities and infrastructure, SMAN 1 Menganti Gresik is still in the good category because all the facilities and infrastructure have been met, 3) The training program has been well structured and in accordance with the training program that has been made by the trainer. The aspect of support from the government is also in the good category because since 2015 it has received support, 4) Achievement The results of achievements in hockey coaching at SMAN 1 Menganti Gresik have increased from year to year. This is evidenced by the gold medals won by male and female athletes at the provincial championships (PORPROV) in the 2015-2019 period.