CORELLATION OF PARENTING AND LEARNING DISCIPLINE STUDENT CLASS XI SMAN 2 MADIUN
Pola asuh adalah cara orang tua memberikan kasih sayang, mendidik dan mendisiplinkan anak. Ada tiga jenis pola asuh pada setiap orang tua yaitu otoriter, permisif, dan demokratis yang dapat mempengaruhi sifat dan kedisiplinan anak. Disiplin berarti sikap teratur dalam mengerjakan sesuatu, dan disiplin belajar adalah perilaku disiplin dalam memperoleh ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa di SMAN 2 Madiun. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional, sedangkan teknik pengumpulan data, peneliti mengembangkan alat ukur angket berupa jawaban berskala (Rating Scale) yaitu skala likert dengan variabel terikat yaitu kemampuan disiplin belajar(Y), variabel bebas yaitu pola asuh orang tua (X). Populasi yang digunakan berjumlah 341 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling rumus Slovin taraf signifikasi 5% yang mendapati sampel berjumlah 184. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji linearitas serta untuk menguji korelasi menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian uji hipotesis antara pola asuh orang tua otoriter dengan disiplin belajar hasil nilai signifikansi 0,59>0,05 dapat dikatakan terdapat korelasi, kemudian uji hipotesis antara pola asuh permisif dengan disiplin belajar hasil nilai ignifikansi 0,95>0,05 yang dapat dikatakan berkorelasi, dan uji hipotesis antara pola asuh demokratis dengan disiplin belajar yang mendapati hasil nilai signifikansi 0,97>0,05 dan juga dapat dikatakan adanya korelasi. Uji hipotesis keempat yaitu uji hipotesis secara simultan menggunakan regresi berganda antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar yang mendapati hasil signifikansi >0,05 yaitu 0,216>0,05 dapat dikatakan terdapat korelasi.
Kata Kunci : pola asuh orang tua, disiplin belajar
Parenting is the way parents give love, educate and discipline children. There are three types of parenting styles for every parent, namely authoritarian, permissive, and democratic, which can affect the nature and discipline of children. Discipline means regular attitude in doing something, and learning discipline is disciplined behavior in acquiring knowledge. This study aims to examine the relationship between parenting style and student learning discipline at SMAN 2 Madiun. The approach used is quantitative with a correlational research design, while the data collection technique, the researcher developed a questionnaire measuring tool in the form of a rating scale (Rating Scale), namely the Likert scale with the dependent variable, namely learning discipline ability (Y), the independent variable, namely parenting parents (X ). The population used was 341 with the sample taken using the Slovin formula random sampling technique with a significance level of 5% which found a sample of 184. The data analysis technique was the normality test and linearity test and to test the correlation using multiple correlation. The results of the research test the hypothesis between authoritarian parenting and learning discipline. The result is a significance value of 0.59> 0.05, it can be said that there is a correlation. said to be correlated, and the hypothesis test between democratic parenting and learning discipline found a significance value of 0.97> 0.05 and it can also be said that there is a correlation. The fourth hypothesis test, namely simultaneous hypothesis testing using multiple regression between parenting parents and learning discipline found a significance result > 0.05, namely 0.216 > 0.05, it can be said that there is a correlation.
Key words : Parenting, Learning Discipline