Representasi matematis penting untuk dimiliki oleh peserta didik dikarenakan dapat membantumdalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi. Adapun representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika akan berbeda satu sama lainnya hal ini dipengaruhi oleh gaya kognitif yang peserta didik miliki masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi matematis peserta didik bergaya kognitif impulsif dan reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Matching Familiar Figure Test (MFFT), Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Penyelesaian Masalah Matematika (TPMM), dan pedoman wawancara. Data penelitian diperoleh dengan memberikan TPMM dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek bergaya kognitif impulsif pada tahap memahami masalah menggunakan representasi notasi formal dan representasi verbal. Pada tahap membuat rencana, subjek menggunakan representasi verbal secara lisan. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek menggunakan representasi verbal berupa kata-kata atau teks tertulis dan representasi notasi formal. Pada tahap memeriksa kembali, subjek menggunakan representasi notasi formal dengan melakukan penghitungan ulang dan pemberian simbol. Sedangkan subjek bergaya kognitif reflektif pada tahap memahami masalah, subjek menggunakan representasi visual-spasial, representasi notasi formal, dan representasi verbal berupa kata-kata atau teks tertulis. Pada tahap membuat rencana, subjek menggunakan representasi visual-spasial, representasi verbal secara lisan, dan representasi notasi formal. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek menggunakan representasi verbal berupa kata-kata atau teks tertulis dan representasi notasi formal. Pada tahap memeriksa kembali, subjek menggunakan representasi notasi formal dengan melakukan penghitungan ulang.
Kata Kunci: Representasi Matematis, Penyelesaian Masalah Matematika, Gaya Kognitif
Mathematical representations are important for students to have because they can help solve mathematical problems. The mathematical representations of students in solving mathematical problems will be different from each other, this is influenced by the cognitive styles of each student. The purpose of this research is to describe students’ mathematical representations of impulsive and reflective cognitive style in solving mathematical problem. This research is a qualitative descriptive study using test and interview methods. The research instruments used were Matching Familiar Figure Test (MFFT), mathematics competence test, mathematics problem solving test, and interview guide. The datas were collected by giving mathematics problem solving test and interview.
The results of the research showed that the subject of impulsive cognitive style at the stage of understanding the problem used a representation of formal notation and verbal representation. At the stage of making a plan, she used verbal representations. At the stage of implementing the plan, she used verbal representations in the form of written words or texts and formal notation representations. At the stage of re-checking, she used formal notation representation by doing recounts and giving symbols. While the subject of reflective cognitive style at the stage of understanding the problem, she used visual-spatial representation, formal notation representation, and verbal representation in the form of written words or texts. At the stage of making a plan, she used visual-spatial representation, verbal representation, and formal notation representation. At the stage of implementing the plan, she used verbal representations in the form of written words or texts and formal notation representations. At the stage of re-checking, she used formal notation representation by doing a recount.
Keywords: Mathematical representations, Mathematical Problem Solving, Cognitive Style