IMPLEMENTASI KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK AUTIS
IMPLEMENTATION OF THE VOCATIONAL SKILLS CHILDREN WITH AUTISM
Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk memberi gambaran tentang implementasi keterampilan vokasional anak autis dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kepustakaan. Sumber data penelitian didapatkan dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian seperti buku dan artikel ilmiah. Tehnik pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang cocok digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi. Hasil pada penelitian ini tersusunnya sebuah kajian mengenai keterampilan vokasional anak autis, diperoleh hasil bahwa anak autis memerlukan bekal untuk masa depannya tidak hanya ilmu pengetahuan namun juga keterampilan vokasionalnya. Dalam melatih anak autis yang menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki daripada memperbaiki kekurangan pada diri anak dan memunculkan potensi pada diri anak agar nantinya dapat hidup mandiri serta memberikan kesempatan pada anak agar dapat bersosialisasi dan diterima di lingkungan masyarakat
Kata Kunci : keterampilan vokasional, anak autis
The purpose of writing this research is to provide an overview of the implementation of vocational skills of autistic children using a library study approach. The research method used in this study is the library method. Sources of research data obtained from the literature relevant to research topics such as books and scientific articles. Data collection techniques in accordance with this research is to use the documentation method. Data analysis techniques that are suitable for use in this study are using the content analysis method. The results of this study compile a study of the vocational skills of autistic children, the results obtained that autistic children need provision for their future not only in science but also in vocational skills. In training autistic children who are the top priority to improve their abilities rather than correcting the children's deficiencies and bringing out the potential in children so that later they can live independently and provide opportunities for children to be able to socialize and be accepted in the community
Keywords : vocational skills, autistic children