EFL Young Learners' Vocabulary Learning Strategies : An Overview
Anak-anak pada usia sangat muda (young learners), umumnya memiliki kemampuan untuk mempelajari sesuatu yang baru dan memngingatnya dengan sangat cepat. Dengan kemampuan tersebut, tentunya itu membuka peluang yang yang sangat bagus bagi mereka untuk belajar bahasa asing, terutama kosakata dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Akan tetapi, bagi sebagian guru dirasa sangat sulit untuk membuat siswanya (terutama yang masih dikategorikan sebagai anak – anak) untuk memberikan perhatian penuh mereka saat proses belajar mengajar berlangsung. Maka dari itu, akan sangat penting bagi guru untuk memahami lingkungan belajar dan strategi – strategi dalam belajar kosakata dengan tujuan membuat kegiatan belajar mengajar lebih kondusif. Artikel ini merupakan kombinasi rangkuman dari beberapa penelitian-penelitian terdahulu terkait dengan strategi pembelajaran dalam bahasa Inggris, terutama dalam pembelajaran kosakata. Artikel ini diharapkan dapa tmemberikan informasi bagi guru dalam mengkondisikan kelas serta mengarahkan anak-anak untuk belajar kosakata.
Young learners have the ability to learn something quickly and memorize it in the long-term. It is a good chance for the children to learn about foreign languages, especially vocabulary as the key to communicate in English. However, it may be challenging for the teacher to make children quiet and give their full attention while learning in the classroom. So, the teacher needs to understand the children’s learning habits and the vocabulary strategies to make the teaching and learning activity more conducive. This article is an overview of some previous studies related to the EFL young learners’ learning strategies, especially in learning vocabulary. It is hoped that this article will help in providing knowledge for teachers for EFL young learners in conducting their English class and stimulating students’ vocabulary knowledge.