Pengembangan Buku Teks Berbasis Budaya Lokal Tari Lego-Lego Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar
Development of Local Culture-Based Textbooks Lego-Lego Dance as Social Studies Learning Resources for Strengthening Character Education of Students in Elementary Schools
ABSTRAK
Jon A. Lalang Yame. 2022. Pengembangan Buku Teks Berbasis Budaya Lokal Tari Lego-Lego Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar, Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto dan (II) Dr. Agus Suprijono, M.Pd.
Kata Kunci: Buku Teks, Budaya Lokal, Sumber Belajar IPS, Karakter Siswa,
Latar belakang dalam penelitian ini adalah belum adanya sumber belajar IPS yang berbasis budaya lokal, dan minimnya pengetahuan siswa tentang nilai tari lego-lego dalam menjaga keberagaman sosial budaya masyarakat. Kendala lain yaitu guru merasa kesulitan melakukan pembelajaran bersifat kontekstual. Tujuan dari penelitian yaitu menganalisis dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan buku teks berbasis budaya lokal tari lego-lego sebagai sumber belajar IPS untuk penguatan pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and development) yang menghasilkan suatu produk berupa buku teks berbasis budaya lokal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu four D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Instrument dalam penelitian ini berupa lembar angket validasi, lembar observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku Teks berbasis budaya lokal tari lego-lego dinyatakan valid dengan presentase 84% dari validator ahli media, 80% validator ahli materi, dan 90% ahli bahasa. Kepraktisan dalam pengembangan buku ajar ini menunjukkan sangat praktis baik pada siswa kelas IV presentase 94% dan respon guru dengan presentase 90%. Selain itu hasil dari uji keefektifan buku ajar yang dikembangkan oleh peneliti mencapai kategori sangat efektif yakni dengan rata-rata nilai pretest 65 meningkat menjadi 81,5. hasil SPSS menunjukkan bahwa nilai Sig < 0.05 yang berarti terdapat signifikasi hasil pretest dan post test siswa kelas IV GMIT Takalelang. Hasil observasi karakter religius, toleransi dan kerjasama yang dilakukan diawal pembelajaran denga presentasi 49% meningkat menjadi 83%.
ABSTRACT
Jon A. Lalang Yame. 2022. Development of Local Culture-Based Textbooks Lego-Lego Dance as Social Studies Learning Resources for Strengthening Character Education of Students in Elementary Schools, Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto and (II) Dr. Agus Suprijono, M.Pd.
Keywords: Textbooks, Local Culture, Social Studies Learning Resources, Student Character
The background in this study is the absence of social studies learning resources based on local culture, and the lack of student knowledge about the value of lego-lego dance in maintaining the socio-cultural diversity of the community. Another obstacle is that teachers find it difficult to carry out contextual learning. The purpose of this study is to analyze and describe the validity, practicality and effectiveness of the development of local culture-based textbooks lego-lego dance as social studies learning resources for strengthening student character education in elementary schools. This type of research is R&D (Research and development) which produces a product in the form of a text book based on local culture. The design used in this study is four D (Define, Design, Develop and Disseminate). Instruments in this study were in the form of validation questionnaire sheets, observation sheets, documentation and tests. The analytical technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis.
Based on the results of the study, it was shown that the development of text books based on local culture of lego-lego dance was declared valid with a percentage of 84% of media expert validators, 80% material expert validators, and 90% linguists. Practicality in the development of this textbook shows that it is very practical both in grade IV students with a percentage of 94% and teacher responses with a percentage of 90%. In addition, the results of the test of the effectiveness of the textbooks developed by the researchers reached the very effective category, with an average pretest score of 65 increasing to 81.5. SPSS results show that the value of Sig <0.05, which means that there is a significance of pretest and posttest results for fourth grade students of GMIT Takalelang. The results of observations of religious characters, tolerance and cooperation carried out at the beginning of learning with a presentation of 49% increased to 83%.