Pengembangan Model Pembelajaran Slatub Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Mesin Listrik pada Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya
Development of a Slatub Learning Model with a Standardized Approach to Improve Activeness and Learning Outcomes of Electrical Machines at Surabaya Aviation Polytechnic Cadets
Hariyadi, Slamet , 2021, Pengembangan Model Pembelajaran Slatub Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Mesin Listrik pada Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. dan (2) Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran SLATUB, pendekatan pakem, keaktifan taruna, hasil belajar taruna.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan antara lain: 1) Menghasilkan model pembelajaran SLATUB yang layak untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. 2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran SLATUB untuk meningkatkan keaktifan taruna. 3) Mengetahui keefektifan model pembelajaran SLATUB untuk meningkatkan hasil belajar taruna.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R2D2 dalam pendidikan yang focus pada pengembangan model pembelajaran Mesin Listrik Taruna Politeknik Penerbangan. Pada metode ini digunakan dua tahap, yaitu : tahap pertama pengembangan model pembelajaran (RPS,SAP,Bahan Ajar dan LKS) dan tahap kedua tahap uji coba model pembelajaran yang telah dikembangkan. Pada langkah selanjutnya peneliti menyederhanakan menjadi 4 langkah yang terdiri dari Langkah 1 yaitu studi pendahuluan yang terdiri dari analisis ujung depan ( front end analyze ) dan analisis siswa ( learner analyze ), langkah 2 merancang desain perengkat pembelajaran, langkah 3 validasi dan revisi, dan langkah 4 yaitu uji coba empiris Hasil penelaahan ahli materi rata-rata persentasi penilaian terhadap materi buku sebesar 95,15% dengan kriteria sangat valid, buku model Slatub yang dikembangkan sesuai dengan keperluan proses pembelajaran taruna, persentasi hasil penilaian terhadap desain buku oleh ahli pembelajaran sebesar 86,5% hal ini menjadikan taruna mudah tertarik dan lebih aktif dalam menyelesaikan tugasnya dan hasil penilaian terhadap RPS, SAP oleh ahli materi sebesar 87.78% tahapan materi lebih jelas sehingga meningkatkan pemahaman dan hasil belajar lebih baik.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Slatub layak digunakan dalam materi Mesin Listrik dan dapat meningkatkan keaktifan taruna dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar yang meningkat pada taruna Politeknik Penerbangan Surabaya.
Hariyadi, Slamet, 2021, Development of a Slatub Learning Model with a Standardized Approach to Improve Activeness and Learning Outcomes of Electrical Machines at Surabaya Aviation Polytechnic Cadets, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya, Supervisior (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. dan (2) Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Key Words: SLATUB learning model, cadet activity, cadet learning outcomes..
This research and development aims, among others: 1) To produce a high school learning model with a proper to increase activeness and learning outcomes. 2) Knowing the effectiveness of the SLATUB learning model to increase the activity of cadets. 3) Knowing the effectiveness of the SLATUB learning model to improve cadets' learning outcomes.
This research is a R2D2 development research in education that focuses on developing an Electrical Machine learning model for Aviation Polytechnic cadets. This method uses two stages, namely: the first stage of developing learning models (RPS, SAP, Teaching Materials and LKS) and the second stage of testing the learning model that has been developed. In the next step, the researcher simplifies it into 4 steps consisting of Step 1, namely a preliminary study consisting of front end analysis (front end analyze) and student analysis (learner analyze), step 2 designing learning instrument design, step 3 validation and revision, and step 2 4, namely empirical testing. The results of the material expert's review, the average percentage of assessment of book material is 95.15% with very valid criteria, the Slatub model book developed in accordance with the needs of the cadet learning process, the percentage of assessment results on book design by learning experts is 86 .5% this makes the cadets easily interested and more active in completing their tasks and the results of the assessment of the RPS, SAP by material experts by 87.78% of the material stages are clearer so as to improve understanding and better learning outcomes.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the Slatub Learning model is suitable for use in Electrical Machines and can increase cadet activity in the learning process so that it affects learning outcomes that increase in Surabaya Aviation Polytechnic cadets.