PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Kegiatan belajar harus dirancang dan diterapkan sebaik mungkin sehingga membuat siswa aktif dan mencapai tujuan suatu pembelajaran. Salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah menerapkan media yang interaktif, menarik, dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Media pembelajaran yang digunakan salah satunya adalah media 3D Sketchup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel yang berhubungan dengan penerapan media 3D Sketchup dan hasil belajar siswa yang meningkat selepas penerapan media 3D Sketchup. Hasil belajar kognitif dan psikomotor merupakan hasil belajar yang dianalisis. Desain penelitian yang digunakan adalah literatur review, artikel yang dipakai merupakan yang diterbitkan tahun 2015 – 2019. Artikel yang direview dan dianalisis adalah artikel penelitian yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar kognitif kelas eksperimen (menerapkan media 3D Sketchup) lebih besar daripada kelas kontrol (tidak menerapkan media 3D Sketchup). Hasil belajar kognitif pada artikel PTK menunjukkan bahwa hasil belajar siklus II (memanfaatkan media 3D Sketchup) lebih besar daripada siklus I (tanpa memanfaatkan media 3D Sketchup). Hasil belajar psikomotor mengalami peningkatan setelah penerapan media 3D Sketchup. Kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar psikomotor yang lebih baik daripada kelas kontrol. Perbedaan dialami pada siklus I, II, dan III terhadap hasil belajar psikomotor PTK. Hasil belajar psikomotor pada siklus I dan II belum memuaskan dibandingkan siklus III. Maka kesimpulannya adalah hasil belajar psikomotor dan kognitif siswa meningkat setelah diterapkannya media 3D Sketchup. Hal ini dikarenakan meningkatnya motivasi belajar siswa setelah diterapkannya media 3D Sketchup pada pembelajaran dan siswa aktif dalam membangun pengetahuannya supaya siswa lebih lama mengingat dan lebih memahami materi.
Kata kunci: 3D Sketchup, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotor.
ABSTRACT
Learning activities must be designed and implemented as well as possible to make students active and reach the objectives of the learning. One of the activities that can be implemented is implementing interactive, interesting media, and student learning outcomes can be improved. Learning media used one of them is 3D Sketchup media. This study aims to analyze articles related to the application of 3D Sketchup media and student learning outcomes that improve after the application of 3D Sketchup media. Cognitive and psychomotor learning outcomes are analyzed by learning outcomes. The research design used was a literature review, the articles used were those published in 2015 - 2019. The articles reviewed and analyzed were the research articles using the control class and experimental class, and the Classroom Action Research (CAR) article. The cognitive learning outcomes of the experimental class (applying 3D Sketchup media) are greater than the control class (not applying 3D Sketchup media). Cognitive learning outcomes in the CAR article show that the learning outcomes of cycle II (utilizing 3D Sketchup media) are greater than the first cycle (without utilizing 3D Sketchup media). Psychomotor learning outcomes have improved after the application of 3D Sketchup media. The experimental class got better psychomotor learning outcomes than the control class. Differences were experienced in cycle I, II, and III of the CAR psychomotor learning outcomes. Psychomotor learning outcomes in cycle I and II have not been satisfactory compared to cycle III. So the conclusion is the psychomotor and cognitive learning outcomes of students increased after the implementation of 3D Sketchup media. This is due to the increased motivation of student learning after the application of 3D Sketchup media to learning and students are active in building their knowledge so that students remember and learn more about the material.
Keywords: 3D Sketchup, cognitive learning outcomes, psychomotor learning outcomes.