Pengaruh Permainan Berbalas Pantun Terhadap Peningkatan Keterampilan Interaksi Sosial Pada Siswa Tunanetra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya
The Effect of Rhyme Reciprocation Games on Improving Social Interaction Skills in Blind Students at SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala siswa
tunanetra dalam berinteraksi dengan teman dilingkungan sekolah
sehingga memerlukan penanganan yang tepat guna mengatasi
kendala tersebut. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut
maka diterapkannya permainan berbalas pantun sebagai solusi
meningkatkan keterampilan interaksi sosial pada siswa tunanetra.
permaianan berbalas pantun dipilih mengingat karakteristik
tunanetra dengan hambatan visual sehingga melalui permaianan
berbalas pantun akan lebih memfokuskan pada indra
pendengaran dan konsentrasi pada siswa. pantun yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu jenis pantun kilat atau karmina.
Keterampilan interaksi sosial yang dinilai dalam penelitian ini
yaitu, kemampuan mengendalikan diri pada siswa, rasa percaya
diri dan kecakapan kerja antar siswa. subjek yang diteliti sebanyak
8 siswa tunanetra di SMPLB A YPAB Gebang Putih Surabaya.
penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan desain
pre-eksperimental tipe desain one group pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukan nilai rata rata sebelum diberikan
perlakuan sebesar 55,49 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata
rata menjadi 92,25. Berdasarkan hasil pengujian statistik Wilcoxon
match pair test dengan manual diperoleh Ztabel < Zhitung atau 1,96
< 2,53 dan hasil menggunakan SPSS diperoleh Asymp (2-tailed) <
α5%. Sehingga mendapatkan hasil yang sama yaitu Ho ditolak dan
Ha diterima artinya, penerapan permainan berbalas pantun
berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan interaksi sosial
pada siswa tunanetra di SMPLB A YPAB Gebang Putih Surabaya.
Kata Kunci : Permaianan Berbalas Pantun, Keterampilan Interaksi
Sosial, Tunanetra
This research is motivated by the obstacles of blind students in
interacting with friends in the school environment so that they
require proper handling to overcome these obstacles. In order to
overcome these problems, rhyming reciprocal games are
implemented as a solution to improve social interaction skills for
blind students. The rhyme-reciprocal game was chosen
considering the characteristics of the blind with visual
impairments so that the rhyme-reciprocal game will focus more on
the sense of hearing and students' concentration. The rhyme used
in this study is the type of rhyme lightning or karmina. Social
interaction skills assessed in this study were students' self-control
abilities, self-confidence and work skills among students. The
subjects studied were 8 blind students at SMPLB A YPAB Gebang
Putih Surabaya. This study used a quantitative approach with a
pre-experimental design type of one group pre-test post-test
design. The results showed that the average value before being
given treatment was 55.49 and after being given treatment the
average value was 92.25. Based on the results of the manual
Wilcoxon match pair test statistical test, Ztable < Zcount or 1.96 <
2.53 and the results using SPSS obtained Asymp (2-tailed) < α5%.
So get the same result that is Ho is rejected and Ha is accep is, the application of rhyming reciprocal games has an effect on
increasing social interaction skills in blind students at SMPLB A
YPAB Gebang Putih Surabaya.
Keywords : Pantun Reciprocal Games, Social Interaction Skills, Visually Impaired.