PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
INQUIRY BASED TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT AID OF INTERACTIVE MULTIMEDIA TO IMPROVE BASIC STUDENTS 'CRITICAL THINKING SKILLS
ABSTRAK
Wulandari, Elok. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Dr. Suryanti, M.Pd., (2) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Bahan Ajar, Inkuiri, Multimedia Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Keterampilan berpikir kritis sangat penting di era modern saat ini sehingga harus ditingkatkan dengan melakukan upaya seperti membuat bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek pada tahap uji coba adalah siswa kelas VI-B dan VI-C yang berjumlah 25 siswa di SDN Sutorejo I/240 Surabaya tahun pelajaran 2019-2020.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Pada tahap uji coba terjadi peningkatan berpikir kritis sebesar 55,00 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif yang valid dan reliabel mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran yang efektif, (2) pemanfaatan bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, (3) bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
ABSTRACK
Wulandari, Elok. 2020. Development of Inquiry Materials Based on Interactive Multimedia Assisted Assistance to Improve Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, graduate Program, Surabaya State University, Advisor: (I) Dr. Suryanti, M.Pd., (2) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Key Words: Teaching Materials, Inquiry, Interactive Multimedia, Critical Thinking Skills
This research is a development research that develops inquiry-based learning tools assisted with interactive multimedia to improve critical thinking skills of elementary school students. Critical thinking skills are very important in today's modern era, so they must be improved by making efforts such as making teaching materials. This study aims to describe valid, practical, and effective inquiry-based learning tools assisted by interactive multimedia to improve critical thinking skills of elementary school students.
This study uses a 4-D development model from Thiagarajan which includes definition, design, development, and distribution. The subjects at the trial stage were students in grades VI-B and VI-C, totaling 25 students at SDN Sutorejo I / 240 Surabaya for the 2019-2020 academic year.
This research produces learning tools that are valid, practical, and effective. At the trial stage, there was an increase in critical thinking by 55.00 which was included in the medium improvement category. Based on the results of data analysis, it can be concluded that (1) inquiry-based teaching materials assisted by valid and reliable interactive multimedia support the implementation of effective learning activities, (2) the use of interactive multimedia assisted inquiry-based teaching materials can increase student activity in learning activities, (3) Inquiry-based teaching materials assisted with interactive multimedia can improve critical thinking skills of elementary school students.