Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen pembelajaran terhadap kemandirian belajar peserta didik melalui progran aquaponik di sekolah alam sanhikmah kota Malang dan penelitian ini dapat digunakan dan bermanfaat untuk menjadi masukan kepada sekolah alam sanhikmah kota Malang untuk meningkatkan mengembangkan serta mengelola manajemen pembelajaran melalui program aquaponik untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest dan postest design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik disekolah alam sanhikmah kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji T berpasangan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh manajemen pembelajaran terhadap kemandirian peserta didilk melalui progam aquaponik di sekolah Alam Sanhikmah kota Malang terjadi hubungan yang sangat kuat dimana tabel postest nilai (sig. [2-tailed] sebesar 0,000. Hal ini berarti lebih kecil dari nilai 0,05, sehingga dapat ditarik keputusan pada saat postest manajemen pembelajaran ada hubungan dengan kemandirian belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,653 (antara 0,6 dan 0,8) dimana terjadi hubungan yang kuat.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Program Aquaponik
The sole purpose of this research is to comphrehend and analyse the influence of learning management for independence learning through Aquaponic program. The target audience of this research is students of Sanhikmah Nature School located in Malang. Result of this research is set to be used as a teaching method for upcoming learning process and as a means of learning management for improvement and development through Aquaponic program. Relating to the purpose, the Aquaponic program is expected to become a new way of creating delightful learning process.
This research uses quantitative method with practical sub-method of one group pre-test and post-test design. Respondents for this research have reached 30 students in total. Data collection techniques include correspondency, observation and documenantion. Data analysis that is used in this research using normality test and in-pair test.
Result of this research proves influence of learning technique upon students’ independency through Aquaponic program in Sanhikmah Nature School. It shows in the data that there is a strong bound in which the post-test table showing point (sig. [2-tailed] 0,000. This can be concluded that the point is smaller from 0,05. Therefore, it can be decided during the post-test, there is a relation with the independency in learning that reached 0,653 correlation point (between 0,6 and 0,8). This shows there is a strong bound in the practice.
Keyword: Management Learning, Independent Study, Aquaponic Program