STUDI LITERATUR PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP E-LEARNING ADAPTIVE BERBASIS WEB
STUDY LITERATURE THE INFLUENCE OF LEARNING STYLE ON E-LEARNING ADAPTIVE WEB-BASED
Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan bagi seorang siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, siswa perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka agar tujuan proses pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Agar dapat merealisasikan materi pembelajaran dengan gaya belajar siswa adalah menggunakan E-learning Adaptive. Mengingat adanya kondisi pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran dilaksanakan secara daring, sehingga penelitian studi literatur ini menggunakan data sekunder yang beracuan pada penelitian-penelitian terdahulu yang menggunakan E-learning Adaptive berbasis web Moodle dengan menggunakan model gaya belajar Felder-Silverman (FSLSM) , dan algoritma Fuzzy C-Meanz. Pada E-learning Adaptive Moodle ini menyediakan materi yang beragam sesuai dengan 8 macam gaya belajar Felder-Silverman (FSLSM). Ketika siswa login pada E-learning Adaptive Moodle ini, semua aktivitas siswa, seperti jenis file yang mereka akses, waktu yang dihabiskan, jumlah total berapa kali siswa membuka setiap file yang diakses akan direkam, dan disimpan ke dalam database. Kemudian, diklasifikasikan menggunakan algoritma Fuzzy C-Meanz agar dapat mengklasifikasikan atau mengelompokkan menjadi 8 macam gaya belajar menurut Felder-Silverman (FSLSM). Setelah gaya belajar peserta didik diklasifikasikan menjadi gaya belajar yang dominan & minoritas, sehingga materi yang tersedia pada E-learning Adaptive Moodle ini akan berubah sesuai dengan gaya belajar peserta didik yang dominan dan materi gaya belajar siswa yang minoritas akan menghilang, jadi siswa hanya bisa mengakses materi yang sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing sesuai gaya belajar yang dominan atau yang ia sukai. Sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan mudah, karena sesuai dengan gaya belajar mereka.
An appropriate learning style is the key to success for a student in the learning process. Therefore in the learning process, students need to be helped and directed to identify learning styles that are in accordance with their learning styles so that the objectives of the learning process can be achieved effectively. In order to realize learning material with student learning styles is to use E-learning Adaptive. Given the COVID-19 pandemic conditions so that learning is carried out online, so that this literature study uses secondary data which refers to previous studies using Moodle web-based E-learning Adaptive using the Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM), and the Fuzzy C-Means algorithm. In this Moodle E-learning Adaptive provides a variety of materials according to the 8 kinds of Felder-Silverman Learning Styles Model (FSLSM). When students log in to Moodle's E-learning Adaptive, All student activities, such as the types of files they access, the time spent, the number of times students open each file accessed will be recorded, and saved into the database. Then, classified using the Fuzzy C-Meanz algorithm in order to classify or classify into 8 different according to Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM). After students' learning styles are classified into dominant & minority learning styles, So that the material available on E-learning Adaptive Moodle will change according to the dominant learning style of the student and the learning style material of minority students will disappear, so that students can only access material that suits their learning style according to their dominant or preferred learning style. So that students can understand the material easily, because it is in accordance with their learning style.