Transformasi Desain Aktivitas Matematika SD Berbasis Nilai Sedekah dengan Pendekatan PMRI Suatu Studi Multiparadigma Matematika Islam.
Transformation of Elementary Mathematics Design Based on Alms Value with PMRI Approach A Multiparadigam Study of Islamic Mathematics
ABSTRAK
Eka Sasmita, Febriarsita. 2020. Transformasi Desain Aktivitas Matematika SD Berbasis Nilai Sedekah dengan Pendekatan PMRI Suatu Studi Multiparadigam Matematika Islam. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Neni Mariana, S.Pd.,M.Sc.,Ph.D. (II) Rooselyna Ekawati, S.Si.,M.Sc.,Ph.D.
Kata Kunci: Nilai Sedekah, Matematika Islam, PMRI, Penelitian Multiparadigma.
Matematika dan Islam merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Setiap muslim perlu untuk menerapkan pembelajaran Matematika untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslim. Salah satu kewajiban dari seorang muslim adalah bersedekah. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di SD IT At-Taqwa, siswa di sana masih belum memiliki kesadaran akan infaq secara rutin. Siswa SD At-Taqwa masih menggunakan uang milik orang tua mereka untuk disedekahkan. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) Konsep Matematika yang dihasilkan dari kajian auto│etnografi subjek penelitian dalamnya perannya sebagai siswa dan pendidik (2) Desain aktivitas yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan belajar pada pembelajaran Matematika yang terkait dengan konteks nilai-nilai sedekah (3) Strategi hitung yang muncul dari siswa dalam pembelajaran Matematika berbasis nilai sedekah.
Jenis penelitian yang digunakan untuk mencapai ketiga tujuan tersebut adalah kombinasi penelitian kualitatif tipe transformatif dan tipe desain. Berdasarkan kedua jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain: studi auto│etnografi, studi literatur, wawancara tidak terstuktur, Narrative Inquiry, dokumentasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Matematika yang ditemukan dalam proses teknik pengumpulan data studi literatur dan studi auto│etnografi antara lain: (i) konsep operasi hitung pada uang yang meliputi konsep pengurangan, pembagian dan perkalian dan (ii) konsep operasi hitung pada yang berkaitan dengam kebutuhan pokok dan iii) konsep pengukuran sudut. Konsep yang paling sering muncul pada setiap cerita dan ayat adalah konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Desain aktivitas yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan belajar pada pembelajaran Matematika yang terkait dengan konteks nilai-nilai sedekah terdiri dari empat aktivitas antara lain: (i) Ayo membiasakan infaq setiap hari (ii) Jangan lupa rutin infaq minggu ini (iii) Tentukan sendiri uang sakumu (iv) Ayo sedekahkan hasil infaqmu untuk berbuka pak Samad. Strategi yang muncul dari penerapan desain aktivitas yang terdiri dari empat aktivitas antara lain: (1) Strategi hitung counting on, (2) Strategi hitung counting back. (3) Strategi hitung skip counting on, (4) Strategi hitung skip counting back, strategi ini muncul pada aktivitas 1 pada HLT 1 dan HLT 2. Namun strategi ini rata-rata muncul sendiri dari siswa karena sebelumnya telah mempelajari strategi hitung skip counting on. (5) Strategi hitung jumping, (6) Strategi hitung friendly number, (7) Strategi hitung splitting, (8) Strategi hitung menyimpan dan strategi hitung meminjam.
ABSTRACT
Eka Sasmita, Febriarsita. 2020. Transformation of Elementary Mathematics Design Based on Alms Value with PMRI Approach A Multiparadigm Study of Islamic Mathematics. Thesis, Primary Education Program, Post-graduate School State University of Surabaya. Supervisor: (I) Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. (II) Rooselyna Ekawati, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Keywords: Islamic mathematics, alms context, PMRI, Multiparadigmatic Research.
Mathematics and Islam are interconnected one another. Muslims need to apply mathematical knowledge in order to fulfill some Muslim obligations. One of the obligations in Islam is alms. Based on preliminary studies that are conducted at At-Taqwa Elementary School, students still do not have awareness of alms regularly. They still use their parents' money for alms. Based on this background the aims of this study is to find out (1) Mathematical concepts that are generated from the study of auto│ethnography of participants in their role as students and educators (2) Design activities that can be used by teachers to improve learning skills in Mathematics learning related to the context of alms values (3) Counting strategies that appear from students in Mathematics learning-based alms value.
We used the combination of transformative research and design research to achieve that three aims of this research. Based on the two types of research we used several data collection techniques, such as auto-ethnographic studies, literature studies, unstructured interviews, Narrative Inquiry, documentation, and field notes.
The results showed that the Mathematical concepts found in the process of literature studies and auto│ethnography studies include: (i) the concept of arithmetic operations on money which includes the concepts of subtraction, division and multiplication and (ii) the concept of arithmetic operations that related to daily necessities and (iii) the concept of measuring angles. The design activities that can be used by teachers to improve learning skills in Mathematics learning related to the context of alms values consist of four activities including (1)Let's get used to alms every day, (2) Don't forget to give charity regularly this week (3) Determine your allowance, (4) Let's help Pak Samad to break the fast. Strategies that appear from the application of design activities consisting of four activities include (1) Counting on, (2) Counting back (3) Skip counting on (4) Skip counting back (5) jumping strategies, (6) friendly number, (7) splitting strategies, (8) carrying and borrowing.