Hubungan Antara Motivasi Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Di Gerai Es Krim X
The Relationship Between Customer Motivation and Purchase Decision at Ice Cream Outlet X
Maraknya pembelian produk di gerai es krim X di Indonesia mengharuskan produsen memahami faktor psikologis yang mengakibatkan pembelian produk meningkat, salah satunya yaitu faktor motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian di gerai es krim X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan gerai es krim X yang berjumlah 92 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi konsumen dan skala keputusan pembelian. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment. Hasil uji korelasi dengan menggunakan teknik analisis product moment menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,673 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000. Berdasarkan angka korelasi yang dihasilkan dari analisis statistik menggunakan software pengolah data menunjukkan angka yang positif.
The rise of product purchases at X ice cream outlets in Indonesia requires producers to understand the psychological factors that result in increased product purchases, one of which is motivational factors. This study aims to determine the relationship between consumer motivation and purchasing decisions at ice cream outlets X. This research was conducted using a quantitative approach. The subjects in this study were 92 customers of X ice cream outlets. The instrument used in this study is the scale of consumer motivation and purchase decision scale. The data analysis used is pearson product moment correlation analysis. The results of the correlation test using the product moment analysis technique show that the r value is 0.673 with a significance (p) of 0.000. Based on the correlation number resulting from statistical analysis using data processing software, it shows a positive number.