Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
The Use of Video Animation Learning Media To Improve Junior High School Student Learning Outcomes
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan bantuan media pembelajaran berupa video animasi untuk pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research And Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, studi pengembangan, dan pengujian Akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap studi pengembangan, tepatnya pada tahap uji coba terbatas. Penelitian dilakukan di MTS Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Uji coba dilakukan kepada 28 siswa kelas VII untuk memperoleh data hasil pemahaman awal siswa mengenai materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Hasilnya dari 28 siswa hanya 2 yang mencapai target nilai yang ditentukan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar angket sebagai presentase keminatan siswa pada materi dengan berbantuan video animasi dan lembar soal tes untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi. Teknik pengumpulan data dengan cara metode angket, dan metode tes.
This study aims to improve student learning outcomes junior high school. This study uses the help of animated media for learning on the interaction material of living things. In this study using the method of development or Research And Development (R&D). This research and development consists of three stages, namely preliminary study, development study, and testing. But in this study was limited to the development study phase, precisely at the stage of the limited trial. The research was conducted at MTs Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Trials were conducted on 28 students of class VII to obtain data on students' initial understanding of the material interaction of living things with their environment. The result from 28 students only 2 who reached the specified target score. The instrument used in this study was a questionnaire sheet as a percentage of students 'interest in the material with the help of animated videos and test questions to determine students' understanding of the material. Data collection techniques by using a questionnaire method, and test methods.