Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, respon, dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Modified Free Inquiry berbasis Ecopreneurship. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN Sidoarjo yang berjumlah 7 kelas, sedangkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih 2 kelas yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 yang berdistribusi normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan uji t independen dan n-gain, analisis tingkatan berpikir kreatif, analisis tugas karya dan analisis angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan model pembelajaran Modified Free Inquiry berbasis Ecopreneurship pada materi teori kinetik gas terlaksana dengan sangat baik dengan perolehan persentase keterlaksanaan sebesar 86,8%; 2) penerapan pembelajaran Modified Free Inquiry berbasis Ecopreneurship mendapatkan kategori respon yang baik dengan perolehan persentase respon sebesar 77%; 3) kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada aspek pengetahuan meningkat dengan kategori sedang dengan n-gain sebesar 0,49.
Kata kunci: Modified Free Inquiry, Ecopreneurship, berpikir kreatif
This research aims to describe accomplishment learning activities, response and student’s creative thinking skill toward an Ecopreneurship Based Modified Free Inquiry Learning. The type of research is True Experimental Design and Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Population of this research is a whole grader XI students in MAN Sidoarjo which consisted of seven clases, the participans included student from grade XI MIA 1 an XI MIA 2 as experimental and control groups with normally distributed. Data was collected from observation, tes and quetionnaire. Data was analyzed using learning activities analysis, the increased of creative thinking analysis with independent t-test and n-gain score, the level of creative thinking analysis, and response questionnaire. The results show that : 1) the implementation of an Ecopreneurship Based Modified Free Inquiry Learning on kinetic gasses theory matter cariied very well 86,8%; 2) An Ecopreneurship Based Modified Free Inquiry Learning obtained well response from student 77%; 3) the result creative thinking ability of student in knowledge’s aspect increase in medium category 0,49.
Keywords: Modified Free Inquiry, Ecopreneurship, creative thinking abilities