STUDI POLA PERAWATAN PERALATAN PRAKTIKUM PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK RAJASA SURABAYA
THE STUDY OF MAINTENANCE SYSTEM FOR PRACTICUM EQUIPMENT IN THE MECHANING ENGINEERING EXPERTISE PROGRAM AT SMK RAJASA, SURABAYA
SMK Rajasa merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Surabaya. SMK Rajasa memiliki enam kompetensi keahlian salah satunya adalah Teknik Pemesinan. Teknik Pemesinan memiliki fasilitas mesin perkakas seperti mesin bubut, mesin frais, mesin bubut CNC, mesin gerinda, mesin gergaji duduk, dan las listrik. Berdasarkan jumlah mesin perkakas yang disebutkan, terdapat beberapa mesin yang bekerja kurang baik bahkan ada mesin yang tidak bisa digunakan sama sekali. Kondisi ini menyebabkan sedikit terganggunya proses belajar mengajar di SMK Rajasa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pola perawatan mesin bubut yang sesuai dengan kondisi di SMK Rajasa Surabaya. (2) Bagaimana pola penjadwalan perawatan yang sesuai dengan kondisi di SMK Rajasa Surabaya. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif survei. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini mengunakan angket, observasi, dan dokumen.
Dari hasil pengolahan data yang diperoleh pada Fishbone Diagram, terdapat 5 faktor utama yang memengaruhi pola perawatan di bengkel teknik permesinan tidak berjalan dengan baik. Faktor-faktor tersebut terdiri dari Man, Machine, Metode, School, dan Money. Penjadwalan perawatan mesin bubut dibagi menjadi 6 waktu yaitu: perawatan pencegahan harian, perawatan pencegahan per-2 minggu, perawatan pencegahan per-1 bulan, perawatan pencegahan per-3 bulan dan perawatan pencegahan per-1 tahun. Selain jadwal perawatan juga terdapat From sheet yang digunakan untuk memudahkan teknisi untuk melakukan perawatan mesin bubut sesuai dengan jadwal perawatan yang telah disusun sebelumnya.
Kata Kunci: perawatan rutin, Penjadwalan perawatan, Pesin bubut
SMK Rajasa is one of the vocational high schools located in Surabaya. SMK Rajasa has six skill competencies, one of which is Mechanical Engineering. Mechanical Engineering has machine tools such as lathes, milling machines, CNC lathes, grinding machines, seated saw machine, and electric welding. Based on the number of current machine tools, there are some machines that are not working well and even machines that cannot be used at all. This condition causes a little disruption of the teaching and learning process at SMK Rajasa.
Based on this background, the problem formulations in this study are: (1) How is the lathe maintenance pattern in accordance with the conditions in SMK Rajasa Surabaya. (2) How is the maintenance scheduling pattern in accordance with the conditions in SMK Rajasa Surabaya. This research method uses a survey qualitative research method. Techniques to follow the data from this study used questionnaires, observations, and documents.
From the results of data processing obtained in the Fishbone Diagram, there are 5 main factors that influence the maintenance pattern in the engineering workshop that does not go well. These factors consist of Man, Machine, Method, School, and Money. Lathe machine maintenance scheduling is divided into 6 times, namely: daily preventive maintenance, preventive maintenance per 2 weeks, preventive maintenance per 1 month, preventive maintenance per 3 months and preventive maintenance per 1 year. In addition to the maintenance schedule, there is also a From sheet which is used to make it easier for technicians to carry out lathe maintenance according to a pre-arranged maintenance schedule.
Keywords: Routine maintenance, Maintenance schedule, Lathe