ABSTRAK
Setiyo. 2019.
Pengaruh Cognitive Apprenticeship dan
On The Job Training terhadap
Keterampilan Metakognitif, Self Efficacy ,
dan Keterampilan Problem Solving di
Politeknik Penerbangan Surabaya . Disertasi Program Studi
Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yatim Riyanto M.Pd, (2) Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela,
M.Pd.
Kata Kunci : Cognitive Apprenticeship, On the job
training, Keterampilan Metakognitif,
Self Efficacy, dan Keterampilan
Problem Solving,
Penelitian Ini bertujuan untuk
membuktikan (1) pengaruh cognitive apprenticeship
terhadap keterampilan metakognitif, (2) pengaruh cognitive apprenticeship terhadap self
efficacy , (3) pengaruh cognitive apprenticeship terhadap keterampilan problem
solving,(4) pengaruh on the job training
terhadap keterampilan metakognitif, (5) pengaruh on the job training terhadap self
efficacy , (6) pengaruh on the job training terhadap keterampilan problem
solving , (7) p erbedaan
pengaruh antara cognitive apprenticeship
dan on the job training terhadap
keterampilan metakognitif, (8) p erbedaan pengaruh antara cognitive apprenticeship dan on the job training terhadap self
efficacy , dan (9) p erbedaan
pengaruh antara cognitive apprenticeship
dan on the job training terhadap keterampilan
problem
solving .
Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi experiment dengan desain penelitian the
matching-only pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 141 yang terdiri dari tiga program
studi . Teknik
analisis data menggunakan Multivariate
analysis of variance (MANOVA) .
Hasil penelitiannya yaitu (1) adanya pengaruh yang signifikan cognitive apprenticeship terhadap keterampilan
metakognitif, (2) ada pengaruh signifikan cognitive apprenticeship terhadap
self efficacy , (3) ada pengaruh signifikan cognitive apprenticeship terhadap keterampilan problem solving taruna politeknik penerbangan
surabaya , (4) ada pengaruh signifikan on the job training terhadap keterampilan metakognitif , (5)
tidak ada pengaruh on the job training terhadap self efficacy , (6) ada pengaruh signifikan on the job training t erhadap keterampilan
problem solving , (7) terdapat perbedaan perolehan
keterampilan metakognitif antara cognitive apprenticeship dan on the job
training , dimana perolehan keterampilan metakognitif pada on the job training lebih baik
dibandingan dengan cognitive apprenticeship , (8) terdapat perbedaan yang signifikan antara cognitive apprenticeship dan on the job
training terhadap self efficacy , dimana cognitive apprenticeship untuk
perolehan self efficacy lebih baik daripada on the job training, (9) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara cognitive apprenticeship dan on the job
training terhadap keterampilan problem solving .
Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa cognitive apprenticeship
sangat sesuai digunakan pada pendidikan vokasi, terutama pada Politeknik
Penerbangan Surabaya, tenaga ahli (instruktur, supervisor, dan teknisi) sebagai
role model sangat diperlukan pada kegiatan cognitive
apprenticeship.