Penelitian ini dilaksanakan tujuannya untuk mengetahui hasil dari tingkat kualitas sarana dan prasarana, gambaran tingkat citra lembaga, serta pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap citra lembaga. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif melalui teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling untuk responden peserta didik berjumlah 214 dan sampel jenuh untuk responden guru sejumlah 29 serta tendik sejumlah 13 responden. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan angket kuisioner menggunakan skala likert yang respondennya adalah peserta didik dan PTK di UPT SMP Negeri 7 Gresik. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas sarana dan prasarana di UPT SMP Negeri 7 Gresik berada pada kategori tinggi; (2) citra lembaga di UPT SMP Negeri 7 Gresik berada dalam kategori tinggi; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas sarana dan prasarana terhadap citra lembaga di UPT SMP Negeri 7 Gresik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk responden peserta didik dan PTK. Selain itu, dari hasil analisis data dalam penelitian ini, diketahui bahwa pengaruh yang diberikan menurut responden peserta didik adalah sebesar 0,122 atau 12,2%, sedangkan dari responden PTK diperoleh sebesar 0,404 atau 40,4%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kualitas sarana dan prasarana berpengaruh terhadap citra lembaga di UPT SMP Negeri 7 Gresik. Dengan demikian, citra lembaga dapat ditingkatkan dengan adanya kualitas sarana dan prasarana sekolah.
This study was conducted with the aim of determining the results of the level of quality of facilities and infrastructure, an overview of the level of the institutional image, and the influence of the quality of facilities and infrastructure on the institutional image. The study used a descriptive quantitative method with a sampling technique of proportionate stratified random sampling for student totaling 214 respondents and saturated sampling for teacher totaling 29 respondents and staff totaling 13 respondents. Based on the data obtained in this study through a questionnaire using a likert scale, the respondents were students and education personnel at UPT SMP Negeri 7 Gresik. The results of the research indicate that (1) the quality of facilities and infrastructure at UPT SMP Negeri 7 Gresik is in the high category; (2) the institutional image at UPT SMP Negeri 7 Gresik is in the high category; (3) there is a positive and significant influence of the quality of facilities and infrastructure on the institutional image at UPT SMP Negeri 7 Gresik, as indicated by a significance value of 0.000 < 0.05 for student and education personnel respondents. Furthermore, from the data analysis in this study, it is known that the influence given according to student respondents is 0.122 or 12.2%, while from education personnel respondents, it is obtained as 0.404 or 40.4%. Thus, the conclusion drawn from this study is that the quality of facilities and infrastructure affects the institutional image at UPT SMP Negeri 7 Gresik. Therefore, the institutional image can be enhanced with the presence of quality school facilities and infrastructure.