Gambaran Umum Strategi Pemantauan Diri untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa
An Overview of Self – Monitoring Strategies to Develop Student’s Critical Reading
Kemajuan masif pada era teknologi telah membuat banyak siswa merasa tidak termotivasi dan cenderung enggan untuk membaca dan berpikir kritis. Masalah ini akan mempengaruhi prestasi belajar siswa di bagian tertentu, terutama ketika mereka harus membaca sebuah bagian bacaan secara kritis. Bagaimanapun, sebagian besar peneliti telah membuat berbagai macam teknik dan strategi untuk menanggulangi kesulitan siswa dalam hal itu. Salah satu teknik tersebut adalah self – monitoring strategies. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan peninjauan luas dari self – monitoring strategies untuk mengembangkan kemampuan membaca kritis siswa sebagai pendekatan untuk menciptakan siswa yang lebih kritis dan cerdas. Hasil dari penulisan artikel ini menjelaskan bahwa self – monitoring strategies adalah strategi belajar yang membuat siswa mengenali masalah diri sendiri melalui refeksi dan telaah pribadi. Pada kesimpulannya melalui self – monitoring strategies siswa diharapkan mampu memahami masalah diri dalam berfikir kritis utamanya dalam bentuk membaca kritis.
Kata Kunci: SSL (Student self-monitory), pemahaman bacaan, membaca kritis.
The progress of the increasingly massive technological era has made many students feel unmotivated and reluctant to read and think critically. This kind of problem will affect the student’s achievement in a spesific part, especially when they have to read a reading passage critically. However, most of the researcher has made various techniques, and strategies to overcome their difficulties. One of the various techniques is self – monitoring strategies. This article is aimed to elaborate about self-monitoring strategies to develop student’s critical reading skills as the approach to establish the smarter and more critical students. The result of this article elaborated that self – monitoring strategies is a learning strategies which make students can identify their problems itself trough self reflection and self understanding. In conclusion, through self – monitoring strategies students are expected to understand their problem itself through critical thinking especially in the form of critical reading.
Keywords: SSL (Student self-monitory), reading comprehension, critical reading.