Relationship between Trust and Consumer Satisfaction in Public Service Users “X”
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan trust dan kepuasan konsumen pada pengguna pelayanan publik “X”. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan subjek sebanyak 100 orang masyarakat. Dengan kriteria minimal mengurus KTP dua kali atau lebih pada tahun 2020-2023, serta berusia lebih dari 18 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala SERVQUAL dan skala trust. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Pearson Product Moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,495 (r=0,495) dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Dari data tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan dan berarah positif, sehingga semakin tinggi trust, semakin tinggi pula kepuasan konsumennya.
The purpose of this study was to determine the connection between customer satisfaction and trust among "X" customers of public services. There are 100 participants in the quantitative research approach. Having the requirements of at least taking care of the KTP twice or more in 2020–2023, and being older than 18. The SERVQUAL scale and the trust scale were the tools employed in this investigation. The Pearson Product Moment correlation was employed to analyze the data in this study. It has a correlation coefficient of 0.495 (r = 0.495) and a significance level of 0.000 (p 0.05). This information leads to the conclusion that there is a strong and favorable association. the greater the level of trust, the greater the level of customer.