Penerapan Berpikir Kritis pada Ringkasan Retorika Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Kelas Reading for Research
Critical Thinking Implementation on EFL Students' Rhetorical Summary in Reading for Research Course
Abstrak
Dewasa ini, aliansi keilmuan abad ke-21 telah menetapkan kemampuan berpikir kritis sebagai wujud kesuksesan siswa dalam belajar. Untuk mencapai tujuan ini, rhetorical summary disajikan sebagai cara paling efisien untuk mengintegrasikan pemikiran kritis siswa dengan membuat ringkasan yang sangat terorganisir. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menyajikan bagaimana kemampuan mahasiswa bahasa Inggris untuk berpikir kritis diterapkan dalam penulisan rhetorical summary mereka dan menyelidiki bagaimana mereka menggunakan pemikiran kritis mereka dalam menyusun penulisan rhetorical summary. Hasil penulisan rhetorical summary mahasiswa jurusan bahasa Inggris menjadi objek penelitian ini dan subjeknya adalah 24 mahasiswa di salah satu mata kuliah Reading for Research Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya, untuk membahas tujuan penelitian, tiga instrumen digunakan dalam penelitian ini — dua wajib dan satu pelengkap. Instrumen wajib pertama adalah rubrik rhetorical summary dan berpikir kritis, sedangkan instrumen wajib kedua adalah kuesioner. Selain itu, instrumen pelengkap berupa pedoman wawancara juga digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Perlu dicatat bahwa data akan dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahap: pengenalan-pengorganisasian, pengkodean-pengurangan, dan penafsiran-penggambaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa telah diimplementasikan dalam penulisan rhetorical summary mereka khususnya pada setiap struktur dalam ringkasan dengan mengikuti lima kriteria berpikir kritis: meringkas topik atau argumen, mempertimbangkan asumsi sebelumnya, mengkomunikasikan sudut pandang, menyajikan bukti penelitian, dan menarik implikasi. Disamping itu, hasil penelitian menemukan bahwa siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis tidak hanya dalam menyusun rhetorical summary mereka, namun juga dalam menentukan solusi terbaik mereka terhadap berbagai tantangan yang mereka hadapi saat sedang perjalanan menyusun rhetorical summary.
Kata Kunci: berpikir kritis, rhetorical summary, kelas Reading for Research.
Abstract
In recent decades, the 21st-century skills alliance has established critical thinking skills to achieve students' success. The Rhetorical Summary was presented with the most efficient way to incorporate the students' critical thinking by constructing a highly organised summary to achieve this goal. Therefore, this study is conducted to present how EFL students' critical thinking is implemented in their rhetorical summary writing and investigate how they use their critical thinking in composing their rhetorical summary writing. English department students' rhetorical summary writing results would be the objects of this study. The subjects were 24 students in one of the Reading for Research Courses of State University of Surabaya. Next, to discuss the research objectives, three instruments were utilised in this study—two compulsory and one complementary. The first compulsory instrument is the rhetorical summary and critical thinking rubric, while the second one is the questionnaire. Additionally, the complementary instrument was an unstructured format interview guideline to strengthen the obtained data. It should be noted that the data would be analysed qualitatively through three stages: familiarising-organising, coding-reducing, and interpreting-representing. The results revealed that the students' critical thinking had been implemented in their rhetorical summary writing, particularly in each structure within the summary by following five critical thinking criteria: summarising topic or argument, considering previous assumptions, communicating a point of view, providing evidence of research, and drawing implications. Furthermore, it was discovered that the students used critical thinking to compose their rhetorical summary and determine their best solutions towards the challenges they encountered while writing is on the move.
Keywords: critical thinking, rhetorical summary, Reading for Research Course.