Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Pertunjukan Sendratari Kresnayana Episode Cerita Gita Sri Narayan di Kabupaten Blitar
Kata Kunci: bentuk pertunjukan, nilai-nilai Pendidikan Karakter, Sendratari “Gita Sri Narayan, Kabupaten Blitar.
Pertunjukan Sendratari Kresnayana merupakan program kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Pariwisata Budaya, Pemuda, dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar. Penyelenggaraan pergelaran Sendratari Kresnayana digelar secara periodik dari Kresnayana I sampai Kresnayana X, Kesepuluh episode penampilan pergelaran cerita Kresnayana yang telah berhasil digelar mulai tahun 2020-2023 tersebut yang menjadi perhatian dan ketertarikan peneliti adalah pergelaran Sendratari Kresnayana pada Festival Kresnayana V yaitu menampilkan episode cerita “Gita Sri Narayan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan Sendratari Kresnayana di Kabupaten Blitar dalam episode cerita “Gita Sri Narayan”, dan mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya.
studi pustaka dilakukan dengan mempelajari pustaka-pustaka terkait objek material penelitian juga terkait dengan teorí yang digunakan sebagai landasan penelitian. dengan data yang dibutuhkan dalam penelitian.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada pertunjukan Sendratari Kresnayana episode cerita “Gita Sri Narayan” di Kabupaten Blitar.
Hasil dari penelitian Bentuk pertunjukan Sendratari Kresnayana Episode cerita “Gita Sri Narayan” di Kabupaten Blitar merupakan pertunjukan sendratari yang berlatarbelakang epos Kresnayana di mana spirit tokoh Sri Kresna menjadi duta kedamaian dalam perang Bharatayuda. Bentuk pertunjukan Sendratari Kresnayana episode “Gita Sri Narayan” terdiri dari struktur dramatik lakon dan tekstur dramatik lakon yang mendukungnya. yang dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19 dapat diakses melalui kanan Yuotube, tampak memukai dan monumental. Meskipun sangat minim penonton, tetapi para pendukung pertunjukan tetap dapat menampilkan bentuk pertunjukan yang apik dan penuh makna. Hasil analisis atau tafsir makna terkait nilai-nilai pendidikan karakter yang terakandung dalam pertunjukan Sendratari Kresnayana episode “Gita Sri Narayan’ di Kabupaten Blitar antara lain : (1) Nilai Demokratis, (2) Nilai Menghargai Prestasi, (3) Nilai Semangat Kebangsaan, (4) Nilai Tanggung Jawab, (5) Nilai Cinta Tanah Air, (6) Nilai Religius, (7) Nilai Kejujuran, (8) Nilai Keadilan, (9) Nilai Disiplin, (10)Nilai Kerja Keras, dan (11) Nilai Kreatif.
Keywords: performance form, Character Education values, Ballet “Gita Sri Narayan, Blitar Regency.
The Kresnayana Ballet performance is a collaborative program of the East Java Province Culture and Tourism Service with the Blitar Regency Culture, Youth and Sports Tourism Office (Disparbudpora). The Kresnayana Ballet performances are held periodically from Kresnayana one to Kresnayana ten. The ten episodes of performances of the Kresnayana story performance which have been successfully held from 2020-2023 which have attracted the attention and interest of researchers are the Kresnayana Ballet performances at the Kresnayana V Festival, namely featuring episodes of the story "Gita Sri Narayan.” This research aims to describe the form of the Kresnayana Ballet performance in Blitar Regency in the episode of the story "Gita Sri Narayan", and reveal the character education values contained therein.
Literature study is carried out by studying literature related to research material objects and also related to the theory used as a research basis. with the data needed in the research.
The research method used is a qualitative research method, using data collection techniques through field studies and literature studies. The field study was carried out through observation, interviews and documentation studies at performances of the Kresnayana Ballet, episodes of the story "Gita Sri Narayan" in Blitar Regency.
Results of research: The form of the Kresnayana Ballet performance. The episode of the story "Gita Sri Narayan" in Blitar Regency is a ballet performance set against the backdrop of the Kresnayana epic where the spirit of the character Sri Kresna becomes an ambassador of peace in the Bharatayuda war. The performance form of the Kresnayana Ballet episode "Gita Sri Narayan" consists of the dramatic structure of the play and the dramatic texture of the play that supports it. which was carried out during the Covid-19 Pandemic, can be accessed via YouTube, looks stunning and monumental. Even though there were very few spectators, the supporters of the show were still able to put on a neat and meaningful performance. The results of the analysis or interpretation of the meaning related to the character education values contained in the Kresnayana Ballet performance episode "Gita Sri Narayan' in Blitar Regency include: (1) Democratic Values, (2) Values of Respecting Achievement, (3) Values of National Spirit, ( 4) Values of Responsibility, (5) Values of Love for the Motherland, (6) Religious Values, (7) Values of Honesty, (8) Values of Justice, (9) Values of Discipline, (10) Values of Hard Work, and (11) Values Creative.