DEVELOPING A FIBO GAME TO LEARN VOCABULARY AT PRIMARY SCHOOL
Pada era globalisasi, Bahasa Inggris telah menjadi salah satu Bahasa yang cukup sering digunakan. Bahasa Inggris bahkan telah menjadi Lingua Franca atau Bahasa penguhubung antarnegara. Pembelajaran Bahasa Inggris kepada anak usia dini sangat penting untuk melahirkan generasi yang lebih cemerlang. Namun, tidak semua guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung. Padahal, menciptakan suasana yang baik sangat diperlukan untuk menunjang hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, peneliti melakukan sebuah studi tentang pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris. FIBO Game dapat digunakan oleh siswa kelas 5 jenjang Sekolah Dasar untuk memperluas pengetahuan kosakata. Dalam pengembanga FIBO Game, peneliti menggunakan metode Design and Development Research. Pengambilan data untuk percobaan media dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 5 dari beberapa sekolah dasar yang berbeda di Tuban. Sebelum di uji cobakan, FIBO Game telah mendapatkan pengesahan dari para ahli media. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa FIBO Game dapat menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam penggunaan FIBO Game, beberapa siswa masih memiliki kesulitan yang meliputi materi yang belum dipahami. Sebagai kesimpulan, FIBO Game telah terbukti memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran kosakata. Implikasi dari penelitian ini dipertimbangkan untuk pendidik agar dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dengan media.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Kosakata, Anak Usia Dini.
In the globalization era, English had been one of the languages which often used. Moreover, English had been Lingua Franca in international sectors. Teaching English for young learners is essential for creating a better generation. However, not all teachers can create a joyful environment in the learning activity. Whereas creating a joyful learning environment is vital to support the maximum learning goals. Therefore, the researcher conducted a study of the development of educational media for primary students. The study aims to give an overall representation of the development process of education media in English subject. The FIBO Game can be used for fifth graders to improve their vocabulary knowledge. In developing the FIBO Game, the researcher used Design and Development Research as the research method. The researcher used qualitative descriptive for collecting the data for the trial. The subjects of the study were ten fifth-graders from different schools in Tuban. Before trialled the media, the experts had validated the FIBO Game. The result of this study showed that the FIBO Game could attract students’ interest to learn English. Some students still faced difficulties in playing the FIBO Game; for instance, they did not understand the materials well. In conclusion, the FIBO Game has been proved to fulfil students’ need in learning vocabulary. The implication of these findings is considered for educators to create a joyful learning environment by using media.
Key Words: Educational Media, Vocabulary, Young-learners