The Effect of Self-Monitoring Approach in Reading and Thinking (SMART) Strategy for Tenth Grade in Reading Comprehension
Pendekatan pemantauan diri dalam strategi membaca dan berpikir yang digunakan dalam teks pemahaman bacaan untuk siswa sekolah menengah atas di tingkat kelas satu sangatlah penting. Konsep strategi pemantauan mandiri diterapkan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa mampu meningkatkan pemantauan sendiri. Melalui reaksi siswa dapat diketahui apakah mereka diawasi atau tidak. Penelitian ini menyelidiki dua pertanyaan penelitian: (1) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara pendekatan self-monitoring dalam membaca dan strategi berpikir pada siswa sekolah menengah atas di tingkat kelas satu terhadap pemahaman membaca?, dan (2) Apa pengaruhnya? persepsi siswa dalam menerapkan pendekatan self-monitoring dalam membaca dan strategi berpikir untuk meningkatkan pemahaman membaca?.
Penelitian kali ini menggunakan self-monitoring sebagai pendekatan penelitiannya. Meskipun desain eksperimental yang mual adalah fokus utama penelitian ini, persentase dan angka digunakan untuk mendukung bagaimana strategi pemantauan mandiri ini digunakan dalam pemahaman membaca. Partisipan penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA Senopati tingkat kelas satu. Sumber data utama adalah kelas IPA 2 dan kelas IPS 2 yang berjumlah 68 siswa. Selain itu, semi wawancara siswa juga dilakukan sebagai bagian pengecekan persepsinya. Pendekatan self-monitoring dalam strategi membaca dan berpikir dianalisis melalui pendekatan self-monitoring dalam strategi membaca dan berpikir oleh Buehl (2001) dan persepsi siswa dalam pemahaman membaca Bruggink et al. (2022).
Temuan penelitian ini terfokus pada tiga poin. Pertama, kelas tanpa pendekatan self-monitoring dalam penggunaan strategi membaca dan berpikir merupakan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 51,35. Sementara itu, kelas yang menerapkan pendekatan self-monitoring dalam strategi membaca dan berpikir adalah kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 71,29. Hal ini menunjukkan peningkatan skor yang ditemukan pada kelompok eksperimen. Kedua, ditemukan bahwa siswa yang lebih antusias membaca sendiri lebih menikmati, karena mereka dapat lebih fokus membaca, mereka dapat lebih efektif dan lebih intens ketika membaca teks. Namun karena kendala ketika siswa kurang menikmati penggunaan strategi self-monitoring karena harus belajar sendiri hal ini membuat mereka malas membaca sendirian.
Kesimpulannya, penggunaan pendekatan self-monitoring dalam strategi membaca dan berpikir mampu meningkatkan monitoring siswa SMA selama membaca teks di kelasnya. Hal ini terlihat dari persepsi siswa yang bervariasi dan peningkatan skor antara kelompok yang menerapkan strategi dan kelompok yang tidak menggunakan strategi.
The self-monitoring approach in reading and thinking strategies utilized in reading comprehension text for senior high school students at the first-grade level is pivotal. The idea of self-monitoring methods was applied to investigate how the students can advance monitoring by themselves. Students' responses indicated whether students could observe themselves or not. This research concentrated on two formulated research questions: (1) Are there any significant differences in the effects of the self-monitoring approach in reading and thinking strategy at senior high school students in the first-grade level for reading comprehension? and (2) What is the student's perception of applying the self-monitoring approach in reading and thinking strategy improving reading comprehension?
To support the analysis, the researcher utilized the self-monitoring approach. Here, the quasi-experimental design is the primary focus of this study. However, the researcher used percentages and numbers to support and apply these self-monitoring strategies in reading comprehension. The research participants of this analysis were the Senopati first-grade level senior high school students. The primary data sources were the Science Two and Social Two grades, consisting of ninety-eight students. The researcher also semi-interviews students, checking their perceptions. In this case, the writer examined the self-monitoring approach in reading and thinking strategy through the self-monitoring approach in reading and thinking strategy by Buehl (2001) and students' perception of reading comprehension by Bruggink et al. (2022).
The study's findings demonstrated three points of analysis. Firstly, the unapplied self-monitoring class approach in reading and thinking strategy usage was a control group that showed a score of 51.35. Meanwhile, the applied one in reading and thinking strategy was an experimental group that showed a score of 71.29. The writer found an increasing score in the experimental group. Secondly, this study revealed that enthusiastic students who read by themselves enjoy it more because it helps students concentrate more on what they read. Moreover, it can help a student comprehend a text as effectively and intensely as possible. However, problems emerge when the students refrain from self-monitoring strategies because students must comprehend independently, making them unable to comprehend a text independently.
In conclusion, using a self-monitoring approach in reading and thinking, strategy encouraged senior high school students to monitor while comprehending text in the classroom. The results performed varied students' perceptions and increased scores between the applied groups using the strategy and the unapplied one.