PEMBELAJARAN TARI GIRI SHOLAWAT MELALUI MEDIA APLIKASI TIKTOK DALAM EKSTRAKURIKULER TARI DI SMAN 1 KEDAMEAN KABUPATEN
GRESIK
GIRI SHOLAWAT DANCE LEARNING THROUGH TIKTOK APPLICATION MEDIA IN DANCE EXTRACURRICULAR AT SMAN 1 KEDAMEAN, GRESIK REGENCY
Pembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean Kabupaten Gresik
Nama Mahasiswa : Fariska Suci Handayanik
NIM : 19020134028
Prodi : Pendidikan Sendratasik
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Pembimbing : Dra. Eni Wahyuning Handayani, M.Si
Tahun : 2023
SMAN 1 Kedamean merupakan sekolah menengah atas yang berada di kota Gresik yang memiliki ekstrakurikuler tari yang sangat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tari di ekstrakurikuler sangat penting khusunya di SMAN 1 Kedamean untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang ada di Kabupaten Gresik dan sekitarnya. Pembelajaran tari memiliki peran bagi peserta didik yakni untuk perkembangan psikomotorik pada anak. Pada proses pembelajaran metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler yaitu metode ceramah, metode demontrasi dan metode latihan dengan langka-langkah yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Metode ceramah guru menjelaskan teknik yang benar dalam belajar tari Giri Sholawat, dalam mendemonstrasikan dengan mempraktikan secara langsung serta peserta didik mengamati terlebih dahulu. Metode latihan setelah melewati tahapan pengamatan serta mendengarkan peserta didik menirukan kembali gerakan yang sudah di contohkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1)Menjelaskan Proses Pembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean Kab. Gresik (2) Menjelaskan hasil dari peserta didik pembelajaran menggunakan media aplikasi tiktok dalam materi tari giri sholawat.
Dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun penelitian ini melalui tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan dalam suatu penelitian. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Pada penelitian terdapat hasil menunjukan proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Kedamean dengan meningkatkan kemampuan anak dalam ranah kognitif, afektif serta psikomotorik. Serta penilaian yang diambil dalam proses pembelajaran yaitu melalui 3 kriteria yaitu gerak, teknik, menghafal.
Kesimpulan peserta didik mampu belajar tari dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari ekstrakurikuler tari ini menambah wawasan tentang kesenian dan kebudayaan.
Kata kunci : Proses pembelajaran, Hasil pembelajaran.
Giri Sholawat Dance Learning Through Tiktok Application Media in Dance Extracurricular at SMAN 1 Kedamean, Gresik Regency
Name : Fariska Suci Handayanik
Study Program : Sendratasik Education
Departemen : Sendrstasik Faculty of Languange and Art
Institution : Surabaya Sate Universty
Advisor : Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si
Academic Year : 2023
SMAN 1 Kedamean is a senior high school in the city of Gresik which has a dance extracurricular which is very active in the learning process. Extracurricular dance learning is very important, especially at SMAN 1 Kedamean, to preserve the culture and arts in Gresik district and its surroundings. Dance learning has a role for students, namely for psychomotor development in children. In the learning process, the methods used by teachers in learning extracurricular activities are the lecture method, demonstration method and practice method with steps implemented in the learning process. The teacher’s lecture method explains the correct technique in learning the Giri Sholawat dance, in demonstrating by practicing directly and the students observing first. The training method is after through the stages of observing and listening to students imitating movements that have been modeled by the teacher. The aim of this research is (1) to explain the process of learning the Giri Sholawat dance through the Tiktok application media in extracurricular dance at SMAN 1 Kedamean Kab. Gresik (2) explain the process of learning the Giri Sholawat dance through the Tiktok application media in the Giri Sholawat dance material.
In this research, qualitative methods were used, data collection techniques in this research were through observation, interviews and documentation. This research goes through the data analysis stage, namely data reduction, presentation, and drawing conclusions in a study. Data validity in this research uses source triangulation, time triangulation. In the research, there are results shoing that the dance extracurricular learning process at SMAN 1 Kedamean improves children’s abilities in the cognitive, affective and psychomotor domains. And the assessment taken in the learning process is through 3 criteria, namely movement, technique, memorization.
The conclusion is that students are able to learn dance from those who cannot become able, from extracurricular dance this adds insight into art and culture
Keywors : Learning process, learning outcomes.