Pengembangan Buku Kontekstual Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah Kelas XI SMK
The Development of Sharia Financial Institution Services Contextual Books in Eleventh Grade Vocational High School
Penerapan K13 Revisi memberikan perubahan pada Jurusan Perbankan Syariah di SMK yakni adanya pergantian mata pelajaran Produk Syariah menjadi Layanan Lembaga Keuangan Syariah yang mana belum tersedia buku pelajaran yang memuat seluruh kompetensi dasar. Penelitian pengembangan ini ditujukan dalam mengembangkan produk berupa buku ajar kontekstual Layanan Lembaga Keuangan Syariah untuk siswa Kelas XI Semester 2 Perbankan Syariah berdasarkan standar BSNP 2014. Penelitian pengembangan ini menguji validitas kelayakan buku teks dan respon siswa pada buku teks. Validitas kelayakan diuji oleh ahli serta uji coba dilaksanakan terbatas kepada siswa Perbankan Syariah 1 SMK Negeri 1 Lamongan. Model pengembangan pada penelitian ini menerapkan model 4D yang meliputi tahap pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan validitas buku teks dalam kelayakan materi, bahasa, dan grafis didapatkan nilai dengan rata-rata 96,05% yang digolongkan dalam kriteria interpretasi sangat layak. Penilaian hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 95,18% dengan interpretasi sangat layak digunakan.
The application of K13 Revision provides change to Department of Sharia Finance at Vocational School which presents the change of Sharia Product subjects to Sharia Financial Institution Services which haven’t provided textbooks that contain all basic competencies. This development research is aimed at developing product consisting contextual textbooks of Islamic Financial Institution Services for Class XI students in Semester 2 of Sharia Banking based on 2014 BSNP standard. Validity by experts and trials are limited to Sharia 1 Syariah students of SMK Negeri 1 Lamongan. The development model in this study uses the 4D development model consisting of definition, design, development, and dissemination. The results of the development research show the validity of the textbook in material, language, and graphics obtain an average value of 96.05% with very decent interpretation criteria. The results of student questionnaire responses obtained an average score of 95.18% with an interpretation very feasible to use.