Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Modifikasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak TK Kelompok A di TK Islam Al Azhar 62 Juanda Sidoarjo
The Influence of Modified Snake and Ladder Game Media on the Ability to Recognize Number Concept in Kindergarten Group A at TK Islam Al Azhar 62 Juanda Sidoarjo
ABSTRAK
Rudzikzani, Dinda. (2020). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Modifikasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak TK Kelompok A di TK Islam Al Azhar 62 Juanda Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hendratno, M.Hum. dan (II) Dr. Miftahul Jannah, S.Psi, M.Si.
Kata-kata Kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, media permainan ular tangga, anak TK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media media permainan ular tangga modifikasi untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak TK kelompok A di TK Islam Al Azhar 62 Juanda Sidoarjo. Konsep bilangan adalah lambang atau simbol yang terdiri dari angka yang diperoleh melalui benda-benda konkrit dengan cara membilang 1-10, menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda 1-10, dan membandingkan lebih banyak dan lebih sedikit.
Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitaif, dengan desain Quasi Eksperimental dengan jenis Non equivalent kontrol group design. Subyek penelitian yang diambil adalah anak TK A di TK Islam Al Azhar 62 Juanda d sebanyak 20 anak. Subyek penelitian juga melibatkan 2 orang ahli materi dan media pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan produk dari ahli media dan ahli materi, wawancara pada uji coba perorangan, wawancara pada uji coba kelompok kecil dan lembar observasi pada uji lapangan dengan indikator pada kemampuan mengenal konsep bilangan antara lain membilang urutan benda, mencocokan benda dengan lambang bilangan, membandingkan benda yang lebih banyak dan lebih sedikit. Teknik analisis data menggunakan Indeks N-Gain Score.
Berdasarkan hasil pengujian one way anova pada dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 7,806 dan nilai signifikansi atau p value 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Karena 70 % anak dari kelompok eksperimen telah mengalami perubahan yang signifikan capaiannya menjadi berkembang sangat baik, hingga tinggal 30 % saja yang belum mencapai perkembangan maksimal.
ABSTRACT
Rudzikzani, Dinda. (2020). The Influence of Modified Snake and Ladder Game Media on the Ability to Recognize Number Concept in Kindergarten Group A at TK Islam Al Azhar 62 Juanda Sidoarjo. Thesis, Basic Education Program of Early Childhood EducationConcentration, postgraduate Program of Surabaya State University. Promotor: (I) Dr. Hendratno, M.Hum. dan (II) Dr. Miftahul Jannah, S.Psi, M.Si.
Key words: Ability to recognize the concept of numbers, snake and ladder game media, kindergarten children
The purpose of this study was to determine the validity, practicality and effectiveness of the modified snake and ladder media game media to improve the ability to recognize the number concept of group A kindergarten children at Al Azhar 62 Kindergarten Juanda Sidoarjo. The concept of number is a symbol or symbol that consists of numbers obtained through concrete objects by numbering 1-10, connecting the number symbols with objects 1-10, and comparing more and less.
The research method used quantitative research, with a Quasi Experimental design with the type of Non equivalent control group design. The research subjects taken were 20 children at Kindergarten A in Al Azhar 62 Juanda d Kindergarten. The research subjects also involved 2 material and learning media experts. Data collection uses a product feasibility test questionnaire from media experts and material experts, interviews on individual trials, interviews on small group trials and observation sheets on field tests with indicators on the ability to recognize the concept of numbers, including counting the order of objects, matching objects with the symbol number , comparing more and less objects. The data analysis technique used the N-Gain Score Index.
Based on the results of the one way ANOVA test, it can be seen that the calculated F value is 7.806 and the significance value or p value is 0.000 <0.05. H0 is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that the game of snakes and ladders affects the ability to recognize the concept of children's numbers. Because 70% of the children in the experimental group had experienced significant changes, their results became very well developed, so that only 30% had not reached their maximum development.