Persepsi Peserta Didik SMK Negeri se-Kabupaten Sidoarjo Terhadap Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum SMK
Perceptions of State Vocational School Students in Sidoarjo Regency on Physical Education, Sports, and Health in the Vocational School Curriculum
ABSTRAK
Hariadi, Abdul Majid. 2021. Persepsi Peserta Didik SMK Negeri se-Kabupaten Sidoarjo Terhadap Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum SMK. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes., dan (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M. Pd.
Kata-Kata Kunci: Persepsi, PJOK, Kurikulum SMK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian dan mendapatkan data persepsi peserta didik SMK terhadap Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam kurikulum SMK. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain berupa survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Likert dengan gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif dengan alternatif jawaban Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju.
Uji validitas isi dilakukan oleh dua orang ahli (experts judgment). Untuk menguji validitas butir-butir pernyataan dengan cara melihat Corrected Item-Total Correlation. Butir-butir pernyataan dinyatakan sah atau valid jika memenuhi syarat nilai korelasinya di atas atau sama dengan 0,2. Untuk menguji reliabilitas item atau instrumen penelitian ini dilakukan menggunakan uji Cronbach’s Alpha. Instrumen dikatakan reliabel jika koefisien reliabilitas Cronbach’s Alpha lebih dari 0,70 (ri > 0,70). Analisis lebih lanjut dilakukan dengan mendeskripsikan setiap pernyataan indikator dengan menggunakan tingkat capaian responden (TCR).
Pada indikator PJOK dalam kurikulum SMK nilai TCR yang diperoleh 83% kategori baik. Indikator PJOK pada aspek kognitif nilai TCR yang diperoleh 86% kategori sangat baik. Indikator PJOK pada aspek afektif nilai TCR yang diperoleh 82% kategori baik. Indikator PJOK pada aspek psikomotor nilai TCR yang diperoleh 84% kategori baik. Untuk perolehan nilai TCR rata-rata dari semua indikator adalah sebesar 83% kategori baik.
ABSTRACT
Hariadi, Abdul Majid. 2021. Perceptions of State Vocational School Students in Sidoarjo Regency on Physical Education, Sports, and Health in the Vocational School Curriculum. Thesis. Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes., And (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M. Pd.
Keywords: Perception, PJOK, Vocational School Curriculum
This study aims to conduct studies and obtain data on perceptions of vocational students towards Physical Education, Sports and Health in the SMK curriculum. This research is a quantitative study with a survey design. The research instrument used was a Likert scale with a gradient from very positive to very negative with alternative answers Strongly Agree, Agree, Doubt, Disagree, Strongly Disagree.
The content validity test was conducted by two experts (experts judgment). To test the validity of the statement items by looking at the Corrected Item-Total Correlation. Statement items are declared valid or valid if they meet the requirements of the correlation value above or equal to 0.2. To test the reliability of this research item or instrument was carried out using the test Cronbach's Alpha. The instrument is said to be reliable if the reliability coefficient of Cronbach's Alpha is more than 0.70 (ri> 0.70). Further analysis was carried out by describing each indicator statement using the respondent's achievement level (TCR).
In the PJOK indicator in the SMK curriculum, the TCR value obtained was 83% in good category. The PJOK indicator in the cognitive aspects of the TCR value obtained was 86% in the very good category. The PJOK indicator in the affective aspect of the TCR value obtained was 82% in the good category. The PJOK indicator on the psychomotor aspect of the TCR value obtained is 84% in the good category. For the average TCR value of all indicators is 83% in good category.