Media sosial sebagai salah satu bentuk perkembangan dunia digital memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi setiap orang. Di dunia bisnis, media sosial tidak hanya menjadi sarana informasi dan komunikasi, tetapi yang terpenting juga menjadi media pemasaran yang efektif. Institut Teknologi Telkom Surabaya juga memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pemasarannya, salah satunya adalah Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas yang telah disesuaikan dengan konsep 4C Media Instagram oleh Chris Heuer yang meliputi Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey terhadap 286 responden yang merupakan mahasiswa baru Institut Teknologi Telkom Surabaya tahun ajaran 2021/2022. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji TCR pada setiap indikator variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram @ittelkomsurabaya sangat efektif sebagai media pemasaran yang ditunjang oleh beberapa faktor antara lain penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti dalam pengemasan informasi, konsistensi jadwal upload konten, pencantuman kontak call center pada bio akun Instagram, dan pemanfaatan postingan mengenai inovasi serta keunggulan Institut Teknologi Telkom Surabaya.
Kata Kunci : Efektivitas, Media Instagram
Social media as a development of the digital era provides many conveniences and benefits for everyone. In the business field, social media is not only for information and communication, but also an effective media for marketing. Institut Teknologi Telkom Surabaya also utilizes social media for marketing activities, which one is Instagram. This study uses an Effectiveness theory that has been customized to Chris Heuer's 4C Media Instagram concept, includes Context, Communication, Collaboration, and Connection. This research uses quantitative approaches and survey methods of 286 respondents who are new students of Institut Teknologi Telkom Surabaya in the 2021/2022 school year. Data processing by TCR test on each variable’s indicators. The results of this study show that Instagram @ittelkomsurabaya very effective as a marketing media that supported by several factors including the use of clear and easy-to-understand language in information, consistency of content upload schedule, mention the call center contacts on Instagram account bio, and utilization of posts about innovation and achievement of Institut Teknologi Telkom Surabaya.
Keywords: Effectiveness, Instagram Media