Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri berbantuan eksperimen untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi gerak harmonik sederhana. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model Kemp. Penelitian ini diujicobakan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan replikasi 3 kali. Data yang dikumpulkan berupa data validasi perangkat, data observasi keterlaksanaan RPP, data observasi kendala pembelajaran, data hasil tes pretest dan posttest, data penilaian afektif dan psikomotor serta data angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat yang dikembangkan peneliti berkategori valid; 2) kepraktisan perangkat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang menunjukkan hasil dengan rentang kategori baik hingga baik sekali serta keaktifan siswa di kelas selama pembelajaran yang menunjukkan hasil positif; 3) keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketercapaian keterampilan proses sains siswa yang dilihat dari kenaikan N-Gain dari pretest dan posttest; respon siswa selama proses pembelajaran menunjukkan respon positif terutama pada penggunaan LKS yang diberikan. Bedasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri berbantuan eksperimen untuk melatihkan keterampilan proses sains yang dikembangkan tergolong layak karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci : Inkuiri, Eksperimen, Keterampilan Proses Sains
This study is development research that aims to produce a learning materials of inquiry models experimental method to train science process skill in simple harmonic motion’s matter. This research used development design of Kemp model. This study was piloted in tenth grade students of Muhammadiyah 1 Gresik High School in 2019/2020. This study use a one group pretest-posttest design with 3 times replication. Data collected is validation data, observations of RPP implementation, learning constraint observation data, pretest and posttest test results, affective and psychomotor assessment and student response questionnaire. The results showed that: 1) the learning set that developed by the researcher was valid; 2) the practicality of the set can be seen from the implementation of the lesson plans that show results with a range of categories from good to excellent and the activeness of students in class during learning that shows positive results; 3) the effectiveness of learning tools seen from the results of the achievement of students' science process skills as seen from the increase in N-Gain from the pretest and posttest; student response during the learning process showed a positive response, especially on the use of LKS given. Based on the results, it shows that the experimental-assisted inquiry learning models to train science process skill which was developed is eligible because it fulfills valid, practical and effective criteria.
Key words : Inquiry, Experimental, Science Process Skill