PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU YU-GI-OH! PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN UNTUK KELAS V SD
THE DEVELOPMENT OF YU-GI-OH! CARD GAME OF LESSON MIXED COUNT OPERATIONS FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL
Pengembangan media pembelajaran dalam matematika sangat diperlukan untuk mengajak peserta didik mempelajari matematika secara menyenangkan dan berkesan. Pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan berkesan melalui penggunaan media pembelajaran yang mengajak peserta didik belajar sambil bermain dan berinteraksi dengan peserta didik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media permainan kartu Yu-gi-oh!. Proses pengembangan media ini berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi disetiap akhir tahapannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media valid dan layak untuk digunakan dilihat dari hasil validasi media dengan skor 83,3% dan validasi materi dengan skor 91,6% keduanya kategori valid dan dapat digunakan. Sedangkan dari hasil uji coba media permainan kartu Yu-gi-oh! diperoleh hasil angket peserta didik dengan skor 88,29% dengan kategori sangat baik/praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian ini disimpulkan dapat menghasilkan media yang layak dipakai dalam pembelajaran dan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran lainnya.
Kata Kunci: Pengembangan, Kartu, Operasi hitung campuran
Abstract
The development of learning media in mathematics is needed to invite students to learn mathematics in a fun and memorable way. Mathematics learning becomes fun and memorable through the use of learning media that invites students to learn while playing and interacting with other students. This study aims to determine the development process and determine the feasibility of Yu-gi-oh! card game media. This development process is based on the ADDIE development model with the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation at the end of each stage. The results of this study indicate that the media is valid and suitable for use, seen from the results of media validation with a score of 83.3% and material validation with a score of 91.6%, both categories are valid and can be used. While based on the trial of the Yu-gi-oh! card game obtained result from student questionnaire with a score of 88.29% were categorized as very good / practical. Based on these results, it is concluded that this study can produce media that is suitable for use in learning and does not rule out the possibility to be developed into other learning media.
Keywords: Development, Cards, Mixed count operations