ABSTRAK
Widyawati, Erna. 2019. Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif menggunakan media Phet untuk mereduksi potensi miskonsepsi pada materi Listrik Dinamis. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing I: Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Kata Kunci: Media PhET, Reduksi Miskonsepsi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif yang layak (valid, praktis,dan efektif) dengan menggunakan media PhET untuk mereduksi potensi miskonsepsi materi Listrik Dinamis pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Mojokerto. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D dan diujicobakan dengan rancangan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pretes-postes) dan angket. Analisis data deskriftif kuantitatif-kualitatif dan certainty of response index. (1) Validitas perangkat pembelajaran ditinjau dari (a) Hasil validitas perangkat berkategori valid, (b) Keterbacaan BAS dan LKS berkategori mudah dipahami; (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Keterlaksanaan RPP sangat baik, (b)Aktivitas siswa berkategori aktif, (c)kendala-kendala selama pembelajaran dapat diatasi; (3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a)Respon siswa sangat baik, (b) penurunan jumlah potensi miskonsepsi yang tinggi pada tiap siswa maupun pada tiap soal serta peningkatan pada jumlah siswa yang tahu konsep sangat mempengaruhi besar ketuntasan belajar klasikal dan individu yang sangat baik. Simpulan penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran fisika model kooperatif yang menggunakan media PhET telah layak digunakan untuk mereduksi potensi miskonsepsi siswa SMAN 2 Mojokerto
ABSTRACT
Widyawati, Erna. 2019. Development Learning of cooperative model based Phet media to reduce potential misconceptions in Dynamic Electric matter at SMAN 2 Mojokerto. Thesis, Science Education Study Program, Postgraduate of Surabaya State University. Conselor: 1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd and 2) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Keywords: PhET Media, Misconception Reduction
The purpose of this research to produce a cooperative model of physics learning that is feasible (valid, practical, and effective) by using PhET media to reduce the potential for misconception of Dynamic Electricity material in student grade X at SMA Negeri 2 Mojokerto. Development of learning material use the 4D model and trial use one group pretest-posttest design. The Data collection used observation , test (pretest-posttest) and questionnaire methods. The data analysis using quantitative descriptive, qualitative descriptive and certainty of response index. (1) Validity of learning material in terms of (a) validation of instruments are valid categorized, (b) Readbility of book and hand out are easier categorized for student’s; (2) The practicality of the learning material in terms of: (a) The implementation of the lesson plan is very good, (b) the activity of the students is active, (c) the obstacles during learning can be overcome; (3) The effectiveness of learning material in terms of: (a) Student responses are very good, (b) decrease of potential misconceptions for each student and question are high categorized, increase for the number of students who know concepts and increase for learning outcame by clasical and individual. The conclusion of this research that The learning of cooperative model based PhET media are feasible (valid, practical, and effective) to reduce the potential misconception of high school students at SMAN 2 Mojokerto.